✔ Elemen Dasar Mencar Ilmu Kolaboratif

adanya interaksi saling ketemu muka dalam berafiliasi ✔ Elemen Dasar Belajar Kolaboratif
Elemen-elemen dasar kerjasama kolaboratif (Stairs, 2005) itu yaitu :
  1. kesalingtergantungan secara positif;
  2. adanya interaksi saling ketemu muka dalam bekerjasama;
  3. rasa tanggungjawab individu untuk menuntaskan kiprah bersama;dan
  4. dibutuhkannya keterampilan interpersonal dan kerjasama kelompok kecil.
Keterampilan kerjasama membuahkan implikasi adanya keterampilan sosial yang diperlukan untuk berkolaborasi.   Keterampilan kerjasama berfungsi memperlancar hubungan kerja dan tugas.  Peranan hubungan kerja sanggup dibangun dengan menyebarkan komunikasi antar anggota kelompok, sedangkan peranan kiprah dilakukan dengan membagi kiprah antar anggota kelompok selama kegiatan.  Rasa salingketergantungan tercipta melalui kerjasama kolaboratif.  Perangkat untuk pengorganisasian proses kerja kerja sama dalam tim perlu dipersiapkan untuk menunjang efisiensi dan efektifitas pencapaian tujuan belajar.

Pentingnya kerjasama kolaboratif dalam kelompok (Johnson,1987;Panitz;1996;Joyce & Weil, 1996) adalah:
  1. Menumbuhkan tanggungjawab individu, alasannya yaitu di antara individu menyadari akan adanya tugas-tugas bersama dalam kelompok.
  2. Meningkatkan kesepakatan pada kelompok dan tujuan-tujuan bersama dimana anggota kelompok saling bantu-membantu, saling membutuhkan, menunjukkan umpan balik yang tepat, dan memberi dorongan untuk pencapaian tujuan-tujuan bersama.
  3. Memperlancar interaksi antar individu dan antar kelompok diantara anggota kelompok, yang memungkinkan tiap anggota menampilkan keterampilan sosial dan kompetensi dalam berkomunikasi.
  4. Memberikan stabilitas pada kelompok sehingga anggota kelompok sanggup berafiliasi dengan anggota lain dalam waktu yang cukup usang tetapi tidak melelahkan dan sanggup membangun norma kelompok, penampilan kiprah bersama, dan pola-pola interaksi.
Sumber : Prof. Dr. Suratno, M.Pd dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam bidang penelitian dan penilaian pendidikan pada FKIP Univ. Lambung Mangkurat tgl. 11 Mei 2013 dengan judul : Penanaman Nilai Kerjasama untuk Membentuk Kompetensi Mahasiswa Dalam Perspeksi Pembelajaran Kolaboratif.

    Belum ada Komentar untuk "✔ Elemen Dasar Mencar Ilmu Kolaboratif"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel