✔ Arti Penting Pembelajaran Tematik

 Pembelajaran tematik sebagai model pembelajaran mempunyai arti penting dalam membangun kom ✔ Arti Penting Pembelajaran Tematik
Arti Penting Pembelajaran Tematik.  Pembelajaran tematik sebagai model pembelajaran mempunyai arti penting dalam membangun kompetensi akseptor didik, antara lain:
  1. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses mencar ilmu secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa sanggup memperoleh pengalaman pribadi dan terlatih untuk sanggup menemukan sendiri banyak sekali pengetahuan yang dipelajarinya. Melalui pengalaman pribadi siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya. Teori pembelajaran ini dimotori para tokoh Gestalt, termasuk Piaget yang menekankan bahwa pembelajaran haruslah bermakna dan berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan anak.
  2. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep mencar ilmu sambil melaksanakan sesuatu (learning by doing). Oleh lantaran itu, guru perlu mengemas atau merancang pengalaman mencar ilmu yang akan mempengaruhi kebermaknaan mencar ilmu siswa. Pengalaman mencar ilmu yang menawarkan kaitan unsure-unsur konseptual menyebabkan proses pembelajaran lebih efektif. Kaitan konseptual antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga siswa akan memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan. Selain itu, dengan penerapan pembelajaran tematik di sekolah dasar akan sangat membantu siswa, lantaran sesuai dengan tahap perkembangan perkembangan siswa yang masih melihat segal sesuatu sebagai kesatuan (holistic).
Dengan pelaksaan pembelajaran dengan memanfaatkan tema ini, akan diperoleh beberapa manfaat yaitu:
  1. Dengan menggabungkan beberapa kompetensi dasar dan indikator serta isi mata pelajaran akan terjadi tumpang tindih bahan sanggup dikurangi bahkan dihilangkan;
  2. Siswa bisa melihat hubungan-hubungan yang bermakna lantaran isi/materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat bukan tujuan akhir;
  3. Pembelajaran menjadi utuh sehingga siswa akan menerima pengertian mengenai proses dan bahan yang tidak terpecah-pecah, dan
  4. Dengan adanya pemaduan antar mata pelajaran maka penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat.
Selain itu, pembelajaran tematik juga mempunyai arti penting dalam aktivitas mencar ilmu mengajar. Ada beberapa alasan yang mendasarinya, antara lain:
  • a) Dunia anak yaitu dunia nyata : Tingkat perkembangan mental anak selalu dimulai dengan tahap berpikir nyata. Dalam kehidupan sehari-hari mereka tidak melihat mata pelajaran berdiri sendiri. Mereka melihat obyek atau insiden yang di dalamnya memuat sejumlah konsep/materi beberapa mata pelajaran.
  • b) Proses pemahaman anak terhadap suatu konsep dalamsuatu peristiwa/obyek lebih terorganisir : Proses pemahaman anak terhadap suatu konsep dalam suatu obyek sangat tergantung pada pengetahuan yang sudah dimiliki anak sebelumnya. Masing-masing anak selalu membangun sendiri pemahaman terhadap konsep baru. Anak menjadi “arsitek” pembangun gagasan baru. Guru dan orang bau tanah hanya sebagai “fasilitator” atau mempermudah sehingga insiden mencar ilmu sanggup berlangsung. Anak sanggup gagasan gres kalau pengetahuan yang disajikan selalu berkaitan dengan pengetahuan yang sudah dimilikinya.
  • c) Pembelajaran akan lebih bermakna : Pembelajaran akan lebih bermakna kalau pelajaran yang sudah dipelajari siswa sanggup dimanfaatkan untuk mempelajari bahan berikutnya. Pembelajaran terpadu sangat berpeluang untuk memanfaatkan pengetahuan sebelumnya.
  • d) Memberi peluang siswa untuk menyebarkan kemampuan diri : Pengajaran terpadu memberi peluang siswa untuk menyebarkan tiga ranah target pendidikan secara bersamaan. Ketiga ranah target pendidikan itu mencakup perilaku (jujur, teliti, tekun, terbuka terhadap gagasan ilmiah), keterampilan (memperoleh, memanfaatkan, dan menentukan informasi, memakai alat, bekerja sama, dan kepemimpinan), dan ranah kognitif (pengetahuan).
  • e) Memperkuat kemampuan yang diperoleh : Kemampuan yang diperoleh dari satu mata pelajaran akan saling memperkuat kemampuan yang diperoleh dari mata pelajaran lain.
  • f) Efisiensi waktu :Guru sanggup lebih menghemat waktu dalam menyusun persiapan mengajar. Tidak hanya siswa, gurupun sanggup mencar ilmu lebih bermakna terhadap konsep-konsep sulit yang akan diajarkan.
Trianto, M.Pd (2010).  Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.  Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal. 86-87

Belum ada Komentar untuk "✔ Arti Penting Pembelajaran Tematik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel