✔ Fungsi Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan.
Di dalam fungsi pemeliharaan ini, fungsi pendayagunaan termasuk di dalamnya. Menurut Subagyo (1990: 87) Pemeliharaan yaitu perjuangan atau proses acara untuk mempertahankan kondisi teknis dan daya guna suatu alat produksi akomodasi kerja dengan jalan merawat, memperbaiki, merehabilitasi dan menyempurnakan.
Berdasarkan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (2007:31) defininisikan pemeliharaan adalah:
Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan yaitu acara untuk melakukan pengurusan dan pengaturan semoga semua sarana dan prasarana selalu dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan secara berdayaguna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan pendidikan. Pemeliharaan merupakan acara penjagaan atau pencegahan dari kerusakan suatu barang, sehingga barang tersebut kondisinya baik dan siap digunakan. Pemeliharaan meliputi segala daya upaya yang terus menerus untuk mengusahakan semoga peralatan tersebut tetap dalam keadaan baik. Pemeliharaan dimulai dari pemakaian barang, yaitu dengan cara hati-hati dalam menggunakannya. Pemeliharaan yang bersifat khusus harus dilakukan oleh petugas yang memiliki keahlian sesuai dengan jenis barang yang dimaksud.
Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan perlu dilakukan semoga kondisi barang tetap dalam keadaan baik atau siap digunakan dan sanggup bertahan lama, sehingga sanggup menghemat pengeluaran aggaran untuk pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. Menurut aturan waktunya pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan sanggup dibedakan dalam (Bowersox, 1989:158):
Berdasarkan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (2007:31) defininisikan pemeliharaan adalah:
Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan yaitu acara untuk melakukan pengurusan dan pengaturan semoga semua sarana dan prasarana selalu dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan secara berdayaguna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan pendidikan. Pemeliharaan merupakan acara penjagaan atau pencegahan dari kerusakan suatu barang, sehingga barang tersebut kondisinya baik dan siap digunakan. Pemeliharaan meliputi segala daya upaya yang terus menerus untuk mengusahakan semoga peralatan tersebut tetap dalam keadaan baik. Pemeliharaan dimulai dari pemakaian barang, yaitu dengan cara hati-hati dalam menggunakannya. Pemeliharaan yang bersifat khusus harus dilakukan oleh petugas yang memiliki keahlian sesuai dengan jenis barang yang dimaksud.
Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan perlu dilakukan semoga kondisi barang tetap dalam keadaan baik atau siap digunakan dan sanggup bertahan lama, sehingga sanggup menghemat pengeluaran aggaran untuk pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. Menurut aturan waktunya pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan sanggup dibedakan dalam (Bowersox, 1989:158):
- Pemeliharaan sehari-hari. Dilakukan oleh pegawai yang memakai barang-barang tersebut dan bertanggung jawab atas barang tersebut.
- Dilakukan dalam jangka waktu tertentu, contohnya 2 bulan sekali, 3 bulan sekali, dan sebagainya. Pelaksanaan pemeliharaan sanggup dilakukan sendiri dan dengan piahakl kedua.
Adapun tujuan dan manfaat dari pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan yaitu sebagai berikut:
Tujuan pemeliharaan:
Tujuan pemeliharaan:
- Untuk mengoptimalkan usia pakai perlatan. Hal ini sangat penting terutama kalau dilihat dari aspek biaya, alasannya yaitu untuk membeli suatu peralatan akan jauh lebih mahal kalau dibandingkan dengan merawat bab dari peralatan tersebut.
- Untuk menjamin kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal. Untuk menjamin ketersediaan peralatan yang diharapkan melalui pencekkan secara rutin dan teratur.
- Untuk menjamin keselamatan orang atau siswa yang memakai alat tersebut.
Manfaat pemeliharaan:
- Jika peralatan terpelihara baik, umurnya akan infinit yang berarti tidak perlu mengadakan penggantian dalam waktu yang singkat.
- Pemeliharaan yang baik menyebabkan jarang terjadi kerusakan yang berarti biaya perbaikan sanggup ditekan seminim mungkin.
- Dengan adanya pemeliharaan yang baik, maka akan lebih terkontrol sehingga menghindar kehilangan.
- Dengan adanya pemeliharaan yang baik, maka yummy dilihat dan dipandang.
- Pemeliharaan yang baik menunjukkan hasil pekerjaan yang baik.
Menurut Rugaiyah dan Atik Sismiati pemeliharaan yaitu acara merawat, memelihara, dan menyimpan barang-barang sesuia dengan bentuk-bentuk jenis barangnya barang tersebut infinit dan tahan usang serta sanggup digunakan secara berulang-ulang dalam waktu usang (Rugaitah, 2011: 66).
Pemeliharaan dilakukan secara kontinu terhadap semua barang-barang inventarisasi. Pemeliharaan barang inventaris kadang kala dianggap sebagai suatu hal yang sepele, padahal bergotong-royong pemeliharaan ini merupakan tahap kerja yang tidak kalah pentingnya dengan tahap-tahap yang lain dalam manajemen sarana dan prasarana.
Pemeliharaan meliputi segala upaya yang terus menerus untuk meng-usahakan semoga peralatan tersebut tetap dalam keadaan baik. Pemeliharaan dimulai dari pemakaian berang, yaitu dengan cara hati-hati dalam menggunakannnya. Peme-liharaan yang bersifat khusus harus dilakukan oleh petugas yang memiliki ke ahlian sesuai dengan jenis barang yang dimaksud.
Ada beberapa macam pemeliharaan perlengkapan pendidikan disekolah, di tinjau dari sifatnya, ada empat macam pemeliharaan perlengkapan pendidikan. Keempat pemeliharaan tersebut cocok dilakukan pada perlengkapan pendidikan berupa mesin, Pertama, pemeliharaan yang bersifat pengecekan, Kedua, pemeliharaan yang bersifat pencegahan, Ketiga, pemeliharaan yang bersifat perbaikan ringan, Keempat, pemeliharaan yang bersifat perbaikan berat (Bafadal, 2003:49).
Pelaksanaan pemeliharaan barang inventaris meliputi (Soetjipto dkk, 2006:172):
1) Perawatan.
2) Pencegahan.
3) Penggantian ringan.
Tujuan dan Manfaat Pemeliharaan
1) Tujuan pemeliharaan
- a) Untuk mengoptimalkan usia pakai peralatan. Hal ini sangat penting terutama kalau dilihat dari aspek biaya, alasannya yaitu untuk membeli sesuatu peralatan akan jauh lebih mahal kalau dibandingkan dengan merawat bab dari peralatan tersebut.
- b) Untuk menjamin kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal.
- c) Untuk menjamin ketersediaan peralatan yang diharapkan melalui pencetakan secara rutin dan teratur.
- d) Untuk menjamin keselamatan orang atau siswa yang memakai alat tersebut.
- a) Jika peralatan terpelihara dengan baik, umurnya akan infinit yang berarti tidak perlu mengadakan penggantian dalam waktu yang singkat.
- b) Pemeliharaan yang baik menyebabkan jarang terjadi kerusakan yang berarti biaya perbaikan sanggup ditekan seminim mungkin.
- c) Dengan adanya pemeliharaan yang baik, maka akan lebih terkontrol sehingga terhindar kehilangan.
- d) Dengan adanya pemeliharaan yang baik, maka yummy dilihat dan dipandang.
- e) Pemeliharaan yang baik menunjukkan hasil pekerjaaan yang baik.
Belum ada Komentar untuk "✔ Fungsi Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan."
Posting Komentar