✔ Tujuan Penilaian Jadwal Supervisi Pendidikan

Tujuan Evaluasi Program Supervisi Pendidikan - .  Setiap kegiatan yang berprogram niscaya mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapai, begitu pula evalua¬si kegiatan supervisi. pendidikan. Menurut Chester T. Mc Nerney tujuan penilaian kegiatan supervisi pendidikan sebagai berikut : “The purpose of any kegiatan of evaluation is to discover the needs of the individuals being evalu¬ated and then design learning experiences that will satisfy these needs”. (Chester T. Mc Nerney,, 19 51, halaman 77 ). Secara umum sanggup diartikan bahwa tujuan kegiatan penilaian ialah meneliti atau menemukan kebutuhan¬ kebutuhan setiap individu yang dinilai dan kemudian dipakai untuk merencanakan pengalaman berguru yang sanggup memenuhi kebutuhan-kebutuhan setiap individu tersebut. William H. Burton dan Leo J. Brueckner menje¬laskan bahwa keefektifan supervisi pendidikan sanggup dinilai dengan cara mengukur atau mendeskripsikan perubahan-perubahan atau perbaikan-perbaikan yang terjadi dalam keseluruhan kegiatan pendidikan. (William H. Burton and Lea J. Bruechkner, 1955, halaman 656) .

Tujuan penilaian kegiatan supervisi yang digambarkan melalui keseluruhan kegiatan pendidikan ini sanggup digu¬nakan untuk melihat perubahan-perubahan dan perbaikan di bidang :
  1. Pertumbuhan dan perkembangan siswa dalam mencapai tujuan.
  2. Perbaikan di bidang kurikulum.
  3. Perbaikan praktik mengajar.
  4. Perbaikan kualitas dan pendayagunaan materi pengajaran dan alat bantu mengajar.
  5. Perkembangan personal, dan profesional guru secara umum.
  6. Perbaikan hubungan sekolah dengan masyarakat.
Pada prinsipnya penilaian kegiatan supervisi pendidikan bertujuan untuk meningkatkan perjuangan pelaksa¬naan kegiatan pendidikan secara menyeluruh, baik personel, material, maupun operasionalnya. Dengan eva¬luasi kegiatan supervisi, supervisor sanggup :
  1. Mengetahui sejauh mana pelaksanaan supervisi disekolah mencapai kemajuan.
  2. Memberikan pertimbangan demi perkembangan pendidikan di masa yang akan datang.
  3. Memperbaiki praktik-praktik training personel sekolah.
  4. Memberikan dorongan peningkatan proses belajar-mengajar di sekolah.
  5. Mengetahui sejauh mana partisipasi orang bau tanah dan masyarakat di sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan.
  6. Memberikan pertimbangan dan saran atas peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana sekolah.
  7. Membina para personel sekolah dalam mengelola kurikulum sekolah.

Belum ada Komentar untuk "✔ Tujuan Penilaian Jadwal Supervisi Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel