✔ Cara Gampang Menciptakan Mind Mapping Untuk Media Pembelajaran

Mind mapping, atau yang bisa disebut peta konsep yaitu cara mengorganisasi pikiran dengan menciptakan cabang-cabang yang saling berhubungan. Mind mapping dianggap sebagai cara termudah untuk mengingat informasi, sebab bisa melihat citra secara menyeluruh hanya dengan derma gambar bercabang.

Sebagai guru, seharusnya kita tidak abnormal dengan mind mapping. Mind mapping bisa kita pakai sebagai catatan kecil berisi materi materi yang akan kita ajarkan kepada siswa. Mind mapping juga sanggup kita gunakan sebagai media pembelajaran, dengan menampilkannya pada layar proyektor.

Dari banyaknya manfaat yang diperoleh dari menciptakan mind mapping, yang paling terasa yaitu waktu berguru bisa lebih dihemat (efisien). Setelah guru membaca buku atau menyiapkan materi ajar, kemudian pribadi menciptakan mind mapping, maka tidak perlu lagi membaca buku itu, cukup mengulangi mind mappingnya saja. Hal sama juga bisa dilakukan oleh siswa.

Baiklah, dengan pentingnya mind mapping dalam membantu kiprah guru, pertanyaan berikutnya adalah, “Bagaimana cara paling gampang dalam menciptakan mind mapping?”.

Tentu sebagai guru kita tidak perlu cara-cara ribet, menggunakan tools yang rumit dan berbayar, meskipun boleh juga sebenarnya. Tetapi yang terpenting yaitu mind mapping nya jadi dan membantu kiprah kita mengajar.

Membuat Mind Mapping dengan Power Point / Ms. Word

Cara yang pertama yaitu menciptakan mind mapping dengan power point atau word. Silahkan diadaptasi tujuannya, jikalau mind map hendak dipresentasikan akan lebih baik pribadi menggunakan power point. Namun jikalau tujuannya menciptakan modul/bahan asuh untuk dicetak, lebih baik menentukan ms. Word.

Cara ini terbilang gampang sebab 2 aplikasi ini hampir niscaya terinstall di semua laptop. Biar lebih gampang dan cepat, pastikan anda sudah mencatat dulu mind map yang akan dibentuk di selembar kertas.

Untuk yang ingin menggunakan power point, silahkan buka aplikasinya dulu. Lalu masuk ke sajian Insert, pilih SmarArt, pilih Hierarchy. Disana ada beberapa pilihan template yang bisa bapak/ibu kreasikan.

Contoh menciptakan mind mapping dengan power point:

Untuk yang ingin menggunakan ms word, caranya sama yaitu dengan menentukan sajian Insert > SmarArt > Hierarchy. Berikut referensi menciptakan mind mapping dengan word:

Membuat Mind Mapping secara Online

Berikutnya yaitu menciptakan mind mapping secara online. Menurut saya ini cara paling mudah, dan hanya perlu mendaftar dengan alamat email. Berbeda dengan power point dan word, dengan online mind map yang dihasilkan bisa lebih menarik dengan style yang beragam.

Sebenarnya ada banyak web aplikasi khusus menciptakan mind map, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Silahkan menentukan yang Bapak/Ibu anggap paling mudah. Berikut ini tiga diantaranya.

1. MindMup

Meskipun layanan gratis di MindMup hanya dibatasi maksimal berukuran 100 kb, tapi berdasarkan saya itu sudah cukup membantu kiprah kita.

2. Venngage

Sebenarnya vengage lebih cocok menciptakan infografis, namun manis juga untuk menciptakan mind map. Disini banyak template/style menarik yang bisa kita pilih.

3. MindMeister

Dengan mendaftarkan email, kita sudah bisa menikmati fitur import, collaborate, share serta layanan MindMeister sampai 3 mind map.

Mudah-mudahan sedikit uraian wacana cara menciptakan mind mapping untuk media pembelajaran ini bisa bermanfaat untuk anda. Saya sendiri mencicipi betul manfaat dari mind mapping seprti ini, dan terbantu terutama untuk meringkas materi-materi yang akan diajarkan pada siswa.

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Gampang Menciptakan Mind Mapping Untuk Media Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel