✔ Latar Belakang Diperlukannya Penilaian Jadwal Supervisi Pendidikan
Latar Belakang Diperlukannya Evaluasi Program Supervisi Pendidikan - . Salah satu fungsi supervisi pendidikan ialah untuk menilai segala aspek yang terjadi dalam proses pendidikan. Lebih penting lagi penilaian terhadap guru tidak sanggup dipisahkan dengan penilaian terhadap murid, sarana dan prasarana, masyarakat sekolah, kepemimpinan¬nya, dan aspek administrasinya.
Hubungan antara guru dengan supervisor sering dianggap sebagai suatu yang berbahaya apabila keduanya salah dalam melaksanakan penilaian. Hal ini benar apabila pertanyaan¬ pertanyaan yang digunakan, dalam mengevaluasi mengorek kesalahan-kesalahan saja dan bersifat inspektif. Cara ini biasa dipakai oleh supervisor konvensional yang diwarisi dengan cara-cara usang dalam supervisi yang biasanya lebih bersifat inspektif dan korektif.
Supervisi modern lebih mengedepankan pendekatan manusiawi dalam melaksanakan penilaian kegiatan supervisi pendidikan sehingga benar-benar sanggup mencapai tujuan penilaian kegiatan supervisi pendidikan. Tujuannya ialah untuk mendalami kebutuhan guru secara individual, membantu mereka secara individual pula, mendalami kebutuhan personal lain (staf non guru), meneliti sistem pengelolaan yang digunakan, dan meneliti sarana dan prasarana sekolah. Hasil dari pendalaman dan penelitian terhadap seluruh aspek tersebut sebagai materi masukan bagi supervisor dalam rangka menawarkan atau mengadakan perbaikan dikemudian hari. Dengan demikian supervisor benar-benar membantu menanggapi peningkatan perjuangan sekolah secara menyeluruh.
Begitu pula guru-guru gres bekerja sangat perlu untuk disupervisi untuk mengantar mereka memasuki suasana kerja yang baru. Lebih-lebih guru yang berusia muda dan guru yang digolongkan kelompok usia bau tanah sering kali berimplikasi pada persinggungan nilai yang berbeda. Dengan memperoleh supervisi, guru-guru gres tersebut sanggup mengikuti keadaan dengan situasi barunya mereka tidak merasa ajaib tetapi merasa diterima oleh kelompok guru lainnya. Semua situasi tersebut di atas memerlukan adanya pelaksanaan kegiatan supervisi pendidikan yang mantap dan terarah. Untuk melaksanakan kegiatan supervisi pendidikan yang mantap perlu adanya penilaian yang baik, yaitu dengan berpegang teguh kepada prinsip-prinsip obyektif, kooperatif, integral, dan kontinyu.
Hubungan antara guru dengan supervisor sering dianggap sebagai suatu yang berbahaya apabila keduanya salah dalam melaksanakan penilaian. Hal ini benar apabila pertanyaan¬ pertanyaan yang digunakan, dalam mengevaluasi mengorek kesalahan-kesalahan saja dan bersifat inspektif. Cara ini biasa dipakai oleh supervisor konvensional yang diwarisi dengan cara-cara usang dalam supervisi yang biasanya lebih bersifat inspektif dan korektif.
Supervisi modern lebih mengedepankan pendekatan manusiawi dalam melaksanakan penilaian kegiatan supervisi pendidikan sehingga benar-benar sanggup mencapai tujuan penilaian kegiatan supervisi pendidikan. Tujuannya ialah untuk mendalami kebutuhan guru secara individual, membantu mereka secara individual pula, mendalami kebutuhan personal lain (staf non guru), meneliti sistem pengelolaan yang digunakan, dan meneliti sarana dan prasarana sekolah. Hasil dari pendalaman dan penelitian terhadap seluruh aspek tersebut sebagai materi masukan bagi supervisor dalam rangka menawarkan atau mengadakan perbaikan dikemudian hari. Dengan demikian supervisor benar-benar membantu menanggapi peningkatan perjuangan sekolah secara menyeluruh.
Begitu pula guru-guru gres bekerja sangat perlu untuk disupervisi untuk mengantar mereka memasuki suasana kerja yang baru. Lebih-lebih guru yang berusia muda dan guru yang digolongkan kelompok usia bau tanah sering kali berimplikasi pada persinggungan nilai yang berbeda. Dengan memperoleh supervisi, guru-guru gres tersebut sanggup mengikuti keadaan dengan situasi barunya mereka tidak merasa ajaib tetapi merasa diterima oleh kelompok guru lainnya. Semua situasi tersebut di atas memerlukan adanya pelaksanaan kegiatan supervisi pendidikan yang mantap dan terarah. Untuk melaksanakan kegiatan supervisi pendidikan yang mantap perlu adanya penilaian yang baik, yaitu dengan berpegang teguh kepada prinsip-prinsip obyektif, kooperatif, integral, dan kontinyu.
Belum ada Komentar untuk "✔ Latar Belakang Diperlukannya Penilaian Jadwal Supervisi Pendidikan"
Posting Komentar