✔ Pengertian Penilaian Jadwal Supervisi Pendidikan
Pengertian Evaluasi Program Supervisi Pendidikan - . Evaluasi jadwal supervisi pendidikan yaitu pertolongan estimasi terhadap pelaksanaan supervisi pendidikan untuk memilih keefektifan dan kemajuan dalam rangka mencapai tujuan supervisi pendidikan yang telah ditetapkan. Dalam penilaian jadwal superrvisi pendidikan untuk perbaikan pengajaran melibatkan penentuan perubahan yang terjadi pada periode tertentu, perubahan yang dibutuhkan dari semua personel dalam supervisi dan dalam perbaikan jadwal melibatkan kepala sekolah (supervisor), guru, dan murid. Supervisor dan guru berafiliasi untuk membawa perubahan-perubahan dalam diri anak didik. Lebih dari pada itu semua yang harus dipertimbangkan sebagai ruang lingkup supervisi pendidikan yaitu meliputi planning perbaikan, organisasi perencanaan, tujuan yang akan dicapai, teknik-teknik pencapai¬an tujuan, dan perubahan-perubahan yang dilakukan di bidang kurikulurn dan bimbingan.
Dalam hubungannya dengan pengertian penilaian jadwal supervisi pendidikan ini, Thomas H. Briggs dan Joseph Justman mengemukakan arti penilaian sebagai berikut : Evaluation is the systematic effort to ascertain the extent to which the objectives of his jadwal of supervision are being attained. (Thomas. H. Briggs and Joseph Justman, 1954, halaman 235). Harus diingat bahwa supervisor pendidikan dalam mengadakan penilaian jadwal supervisi pendidikan harus meliputi bidang luas dalam arti bahwa seluruh situasi yang disupervisi, termasuk supervisor sendiri juga harus dievaluasi.
Evaluasi jadwal supervisi pendidikan tidak berarti mengevaluasi suatu rencangan jadwal supervisi pendidikan dalam arti rencana. Evaluasi jadwal supervisi pendidikan berusaha memilih hingga seberapa jauh tujuan supervisi pendidikan yang telah tercapai. Oleh lantaran itu bukan saja programnya yang dievaluasi tetapi juga proses pelaksanaan dan hasil supervisi pendidikan. Bahkan ruang lingkup penilaian supervisi pendidikan menyangkut semua komponen yang terkait dalam pelaksanaan supervisi pendidikan. Komponen tersebut meliputi aspek personel, aspek material, dan aspek operasional dalam supervisi pendidikan.
Sebagaimana kegiatan pendidikan yang memilih kesannya dalam jangka panjang, supervisi pendidikan juga demikian, hasil yang dicapai dalam pelaksanaan supervisi pendidikan terutama yang berkenaan dengan insan gres sanggup dilihat dalam jangka panjang. Sedangkan hasil supervisi pendidikan yang sanggup diketa¬hui dengan cepat hanya penampakan hasil sementara. Dan hal ini akan menjadikan kesulitan bagi kita dalam mengevaluasi jadwal supervisi pendidikan, mengingat ruang lingkup yang akan dievaluasi dalam supervisi pendidikan sangat luas, dimana selain guru dan staf sekolah, programpun merupakan target penilaian jadwal supervisi pendidikan. Hal ini sangat sesuai dengan apa yang dikatakan Elsbree dkk. Dalam buku “ Elementary School Administration and supervision ". yaitu :
An important characteristic of modern supervision is its emphasis on evolution, including evaluation of the teacher and the school program. (Elsbree, Mc Nally, and Wyne, 1967, halaman 166)
Dengan demikian menurut klarifikasi Elsbree dkk, di atas maka ciri utama supervisi pendidikan yang modern yaitu adanya pengutamaan pada evaluasi, termasuk penilaian terhadap keberhasilan guru, dan keberhasilan jadwal sekolah.
Dalam hubungannya dengan pengertian penilaian jadwal supervisi pendidikan ini, Thomas H. Briggs dan Joseph Justman mengemukakan arti penilaian sebagai berikut : Evaluation is the systematic effort to ascertain the extent to which the objectives of his jadwal of supervision are being attained. (Thomas. H. Briggs and Joseph Justman, 1954, halaman 235). Harus diingat bahwa supervisor pendidikan dalam mengadakan penilaian jadwal supervisi pendidikan harus meliputi bidang luas dalam arti bahwa seluruh situasi yang disupervisi, termasuk supervisor sendiri juga harus dievaluasi.
Evaluasi jadwal supervisi pendidikan tidak berarti mengevaluasi suatu rencangan jadwal supervisi pendidikan dalam arti rencana. Evaluasi jadwal supervisi pendidikan berusaha memilih hingga seberapa jauh tujuan supervisi pendidikan yang telah tercapai. Oleh lantaran itu bukan saja programnya yang dievaluasi tetapi juga proses pelaksanaan dan hasil supervisi pendidikan. Bahkan ruang lingkup penilaian supervisi pendidikan menyangkut semua komponen yang terkait dalam pelaksanaan supervisi pendidikan. Komponen tersebut meliputi aspek personel, aspek material, dan aspek operasional dalam supervisi pendidikan.
Sebagaimana kegiatan pendidikan yang memilih kesannya dalam jangka panjang, supervisi pendidikan juga demikian, hasil yang dicapai dalam pelaksanaan supervisi pendidikan terutama yang berkenaan dengan insan gres sanggup dilihat dalam jangka panjang. Sedangkan hasil supervisi pendidikan yang sanggup diketa¬hui dengan cepat hanya penampakan hasil sementara. Dan hal ini akan menjadikan kesulitan bagi kita dalam mengevaluasi jadwal supervisi pendidikan, mengingat ruang lingkup yang akan dievaluasi dalam supervisi pendidikan sangat luas, dimana selain guru dan staf sekolah, programpun merupakan target penilaian jadwal supervisi pendidikan. Hal ini sangat sesuai dengan apa yang dikatakan Elsbree dkk. Dalam buku “ Elementary School Administration and supervision ". yaitu :
An important characteristic of modern supervision is its emphasis on evolution, including evaluation of the teacher and the school program. (Elsbree, Mc Nally, and Wyne, 1967, halaman 166)
Dengan demikian menurut klarifikasi Elsbree dkk, di atas maka ciri utama supervisi pendidikan yang modern yaitu adanya pengutamaan pada evaluasi, termasuk penilaian terhadap keberhasilan guru, dan keberhasilan jadwal sekolah.
Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Penilaian Jadwal Supervisi Pendidikan"
Posting Komentar