✔ Kelebihan Pembelajaran Tematik
Dalam postingan ini CP mencoba mengambil 2 pendapat yang mengulas perihal Kelebihan Pembelajaran Tematik.
Pendapat pertama diambil dari buku Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal. 88-89 dengan ulasan sbb :
Pembelajaran tematik dalam kenyataannya mempunyai beberapa kelebihan ibarat pembelajaran terpadu. Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1996), pembelajaran terpadu mempunyai kelebihan sebagai berikut :
- Pengalaman dan acara mencar ilmu anak relevan dengan tingkat perkembangannya.
- Kegiatan yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
- Kegiatan mencar ilmu bermakna bagi anak, sehingga jadinya sanggup bertahan lama.
- Keterampilan berpikir anak berkembang dalam proses pembelajaran terpadu.
- Kegiatan mencar ilmu mengajar bersifat pragmatis sesuai lingkungan anak.
- Keterampilan sosial anak berkembang dalam proses pembelajaran terpadu. Keterampilan sosial ini antara lain yaitu : kerjasama, komunikasi, dan mau mendengarkan pendapat orang lain.
Sementara dalam blog http://tarmizi.wordpress.com/2008/12/04/model-pembelajaran-tematik-kelebihan-dan-kelemahannya/ (diakses tanggal 31 Juli 2013), menyampaikan bahwa 6 kelebihan di atas hampir ibarat dengan ciri khas dan karakteristik Pembelajaran tematik, ibarat kutipan di bawah ini :
Pembelajaran tematik mempunyai ciri khas dan karakteristik tersendiri. Adapun ciri khas pembelajaran tematik di antaranya: 1) pengalaman dan acara mencar ilmu sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa sekolah dasar; 2) acara yang dipilih dalam pembelajaran tematik bertitik tolak dari minat dan kebutuhan siswa; 3) acara mencar ilmu akan lebih bermakna dan berkesan bagi penerima didik sehingga hasil mencar ilmu sanggup bertahan lebih lama; 4) membantu membuatkan keterampilan berpikir siswa; 5) menyajikan acara mencar ilmu yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui penerima didik di lingkungannya; dan 6) membuatkan keterampilan sosial siswa, misalnya: kerjasama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
- Menyenangkan alasannya yaitu berangkat dari minat dan kebutuhan penerima didik.
- Memberikan pengalaman dan acara mencar ilmu mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan penerima didik.
- Hasil mencar ilmu sanggup bertahan usang alasannya yaitu lebih berkesan dan bermakna.
- Mengembangkan keterampilan berpikir penerima didiksesuai dengan duduk kasus yang dihadapi.
- Menumbuhkan keterampilan sosial melalui kerja sama.
- Memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
- Menyajikan acara yang bersifat aktual sesuai dengan duduk kasus yang dihadapi dalam lingkungan penerima didik.
- Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal. 88-89
- http://tarmizi.wordpress.com/2008/12/04/model-pembelajaran-tematik-kelebihan-dan-kelemahannya/ (diakses tanggal 31 Juli 2013)
Belum ada Komentar untuk "✔ Kelebihan Pembelajaran Tematik"
Posting Komentar