✔ Kelebihan Pembelajaran Tematik

Beberapa pendapat Kelebihan Pembelajaran Tematik ✔ Kelebihan Pembelajaran Tematik
Dalam postingan ini CP mencoba mengambil 2 pendapat yang mengulas perihal Kelebihan Pembelajaran Tematik.  

Pendapat pertama diambil dari buku Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.  Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal. 88-89 dengan ulasan sbb : 
 Pembelajaran tematik dalam kenyataannya mempunyai beberapa kelebihan ibarat pembelajaran terpadu.  Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1996), pembelajaran terpadu mempunyai kelebihan sebagai berikut :
  1. Pengalaman dan acara mencar ilmu anak relevan dengan tingkat perkembangannya.
  2. Kegiatan yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
  3. Kegiatan mencar ilmu bermakna bagi anak, sehingga jadinya sanggup bertahan lama.
  4. Keterampilan berpikir anak berkembang dalam proses pembelajaran terpadu.
  5. Kegiatan mencar ilmu mengajar bersifat pragmatis sesuai lingkungan anak.
  6. Keterampilan sosial anak berkembang dalam proses pembelajaran terpadu.  Keterampilan sosial ini antara lain yaitu : kerjasama, komunikasi, dan mau mendengarkan pendapat orang lain.
Sementara dalam blog  http://tarmizi.wordpress.com/2008/12/04/model-pembelajaran-tematik-kelebihan-dan-kelemahannya/ (diakses tanggal 31 Juli 2013), menyampaikan bahwa 6 kelebihan di atas hampir ibarat dengan ciri khas dan karakteristik Pembelajaran tematik, ibarat kutipan di bawah ini :
Pembelajaran tematik mempunyai ciri khas dan karakteristik tersendiri. Adapun ciri khas pembelajaran tematik di antaranya: 1) pengalaman dan acara mencar ilmu sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa sekolah dasar; 2) acara yang dipilih dalam pembelajaran tematik bertitik tolak dari minat dan kebutuhan siswa; 3) acara mencar ilmu akan lebih bermakna dan berkesan bagi penerima didik sehingga hasil mencar ilmu sanggup bertahan lebih lama; 4) membantu membuatkan keterampilan berpikir siswa; 5) menyajikan acara mencar ilmu yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui penerima didik di lingkungannya; dan 6) membuatkan keterampilan sosial siswa, misalnya: kerjasama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
Selanjutnya dalam blog  http://tarmizi.wordpress.com/ tersebut menyampaikan bahwa berdasarkan Kunandar (2007:315), Pembelajaran tematik mempunyai kelebihan yakni:
  1. Menyenangkan alasannya yaitu berangkat dari minat dan kebutuhan penerima didik.
  2. Memberikan pengalaman dan acara mencar ilmu mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan penerima didik.
  3. Hasil mencar ilmu sanggup bertahan usang alasannya yaitu lebih berkesan dan bermakna.
  4. Mengembangkan keterampilan berpikir penerima didiksesuai dengan duduk kasus yang dihadapi.
  5. Menumbuhkan keterampilan sosial melalui kerja sama.
  6. Memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
  7. Menyajikan acara yang bersifat aktual sesuai dengan duduk kasus yang dihadapi dalam lingkungan penerima didik.
Sumber :
  • Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.  Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal. 88-89
  •  http://tarmizi.wordpress.com/2008/12/04/model-pembelajaran-tematik-kelebihan-dan-kelemahannya/ (diakses tanggal 31 Juli 2013)

Belum ada Komentar untuk "✔ Kelebihan Pembelajaran Tematik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel