✔ Pengertian Mencar Ilmu Berdasarkan Teori Behavioristik

Menurut teori behavioristik, yakni perubahan tingkah laris sebagai jawaban dari adanya interaksi antara stimulus dan respon.  Dengan kata lain, berguru merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laris dengan cara yang gres sebagai hasil interaksi stimulus dan respon.  Seseorang dianggap telah berguru sesuatu jikalau ia sanggup mengatakan perubahantingkah laku.  Sebagai contoh, anak belum sanggup berhitung perkalian.  Walaupun ia sudah berusaha giat, dan gurunya sudah mengajarkannya dengan tekun, namun jikalau anak tersebut belum sanggup mempraktekkan perhitungan perkalian, maka ia belum dianggap belajar.  Karena ia belum sanggup mengambarkan perubahan sikap sebagai hasil belajar.
Menurut teori ini yang terpenting yakni masukan atau Input yang berupa stimulus dan keluaran atau Output yang berupa respon.  Dalam pola di atas, stimulus yakni apa saja yang diberikan guru kepada siswa, contohnya daftar perkalian, alat peraga, pedoman kerja, atau cara-cara tertentu, untuk membantu berguru siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut.  Menurut teori behavioristik, apa yang terjadi diantara stimulus dan respon dianggap tidak penting diperhatikan lantaran tidak sanggup diamati dan tidak sanggup diukur.  Yang sanggup diamati hanyalah stimulus dan respon.  oleh alasannya itu, apa saja yang diberikan guru (stimulus) dan apa yang dihasilkan siswa (respon), semuanya harus sanggup diamati dan diukur.  Teori ini mengutamakan pengukuran, alasannya pengukuran merupakan suatu hal yang penting untuk melihat terjadi tidaknya perubahan tingkah laku.
Faktor lain yang dianggap penting oleh aliran behavioristik yakni faktor penguatan (reinforcement).  Penguatan yakni apa saja yang sanggup memperkuat timbulnya respon.  Bila penguatan ditambahkan (positive reinforcement) maka respon akan semakin kuat, begitu juga bila penguatan dikurangi (negative reinforcement) responpun akan tetap dikuatkan.
Tokoh-tokoh aliran behavioristik yakni : Thorndike, Watson, Clark Hull, Edwin Guthrie, dan Skiner.

Pustaka : DR. C. Asri Budiningsih, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Mencar Ilmu Berdasarkan Teori Behavioristik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel