✔ Teori Berguru Berdasarkan Edwin Guthrie
Edwin Guthrie memakai variabel hubungan stimulus dan respon untuk menjelaskan terjadinya proses belajar. Namun beliau mengemukakan bahwa stimulus tidak harus bekerjasama dengan kebutuhan atau pemuasan biologis sebagaimana yang dijelaskan oleh Clark dan Hull. Dijelaskannya bahwa hubungan antara stimulus dan respon cenderung hanya bersifat sementara, oleh lantaran itu dalam acara berguru penerima didik perlu sesering mungkin diberikan stimulus supaya hubungan antara stimulus dan respon bersifat lebih tetap. Edwin Guthrie juga mengemukakan, supaya respon yang muncul sifatnya lebih berpengaruh dan bahkan menetap, maka diharapkan banyak sekali macam stimulus yang bekerjasama dengan respon tersebut. Guthrie juga percaya bahwa eksekusi (punishment) memegang peranan penting dalam proses belajar. Hukuman yang diberikan pada dikala yang sempurna akan bisa merubah kebiasaan dan sikap seseorang. Namun sehabis Skinner mengemukakan dan mempopulerkan akan pentingnya penguatan (reinforcemant) dalam teori belajarnya, maka eksekusi tidak lagi dipentingkan dalam belajar.
Belum ada Komentar untuk "✔ Teori Berguru Berdasarkan Edwin Guthrie"
Posting Komentar