✔ Tugas Media Pembelajaran

 Dalam pendidikan media difungsikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran ✔ Peran Media Pembelajaran
Peran media pembelajaran.  Dalam pendidikan media difungsikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena informasi yang terdapat dalam media harus sanggup melibatkan siswa, baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk acara yang nyata, sehingga pembelajaran sanggup terjadi. Materi harus dirancang secara lebih sistematis dan psikologis, serta ditinjau dari segi prinsip – prinsip berguru supaya sanggup menyiapkan arahan berguru yang efektif. Disamping menyenangkan, media pembelajaran harus sanggup menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan individu siswa, lantaran setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda.
Kemp dan Dayton(1985 : 3-4) mengemukakan beberapa hasil penelitian yang memperlihatkan dampak positif dari penggunaan media sebagai bab integral pembelajaran di kelas, atau sebagai cara utama pembelajaran langsung, sebagai berikut : Penyampaian pelajaran tidak kaku. Pembelajaran bias lebih menarik. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan diterapkannya teori berguru dan prinsip – prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik dan penguatan. Lama waktu pembelajaran yang diharapkan sanggup dipersingkat, lantaran kebanyakan media hanya memerlukan waktu singkat untuk mengantarkan pesan–pesan dan isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak dan memungkinkan sanggup diserap oleh siswa lebih besar. Kualitas hasil berguru sanggup ditingkatkan bila integrasi kata dan gambar sebagai media pembelajaran sanggup mengkomunikasikan elemen – elemen pengetahuan dengan cara yang terorganisasi dengan baik, spesifik dan jelas. Pembelajaran sanggup diberikan kapan dan dimana saja diinginkan atau diperlukan, terutama jikalau media pembelajaran dirancang untuk penggunaan secara individu.Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dan terhadap proses berguru sanggup ditingkatkan. Peran guru sanggup berubah ke arah yang lebih positif.

Pembaharuan  pendidikan dan pengajaran mengalami penyempurnaan baik dari segi kurikulum, metode maupun media pengajaran yang bertujuan membentuk anak didik berkualitas, kreatif dan sanggup mengikuti perkembangan ICT.

Oleh alasannya yakni itu untuk membantu siswa dan guru supaya lebih memahami konsep-konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari, maka harus dibentuk visualisasi bahan melalui mediakomputer yang berbasis ICT. Dengan penggunaan perangkat ICT ini diharapkan sanggup membantu memantapkan konsep fisika pada siswa dalam kegiatan berguru mengajar, atau pun sebagai alat bantu pembelajaran siswa di rumah sehabis suatu topik diajarkan oleh guru di sekolah.

Pada dikala ini komputer sudah sangat memasyarakat dan semua sekolah telah mempunyai perangkat komputer, baik dipakai untuk manajemen sekolah maupun untuk media pembelajaran di kelas. Dengan media komputer mempermudah guru dalam mengajarkan materi-materi yang bersifat abstak dan membantu siswa dalam mempelajari bahan tersebut.

Penggunaan media komputer dalam proses belajar-mengajar merupakan salah satu alternatif guru untuk menyeragamkan media pengajaran sehingga merangsang siswa dalam berpikir, perhatian, perasaan dan minat siswa untuk memungkinkan terjadinya proses belajar-mengajar yang timbal balik antara guru dan siswa.
Adapun tugas media pembelajaran antara lain :
  1. Memperjelas penyajian bahan supaya tidak hanya bersifat verbal (dalam bentuk kata-kata tertulis atau tulisan)
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, lantaran berdasarkan para jago kemampuan daya serap insan dalam memahami dilema dengan panca indera yaitu :   1) Telinga (pendengaran)       13 %, 2) Mata (penglihatan) 75 %, 3) Hidung (penciuman)  3  %, 4) Kulit 6  %, 5) Lidah (rasa)  3  %
  3. Penggunaan media secara sempurna dan bervariasi dapat  mengatasi sifat pasif  anak didik
  4. Menghindari kesalahpahaman terhadap suatu objek dan konsep
  5. Menghubungkan yang konkret dengan yang tidak nyata.
Kelemahan-kelemahan yang ditemukan antara lain : tayangan terlalu cepat, mata cepat lelah, gambar kurang tajam, waktu yang sedikit. Kelemahan ini diperbaiki dengan pengaturan waktu penanyangan dan pengggunaan penampilan gambar yang lebih baik.

Berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "✔ Tugas Media Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel