✔ Konsep Action Dalam Menentukan Media Pembelajaran

Yang dimaksud dengan ACTION ialah abreviasi dari uraian di bawah ini :
  1. Access. Kemudahan terusan menjadi pertimbangan pertama dalam menentukan media. Apakah media yang kita perlukan itu tersedia, mudah, dan sanggup dimanfaatkan oleh siswa? Misalnya, kita ingin memakai media internet, perlu dipertimbangkan terlebih dahulu apakah ada saluran untuk koneksi ke internet? Akses juga menyangkut aspek kebijakan, contohnya apakah siswa diijinkan untuk menggunakannya? Komputer yang terhubung ke internet jangan hanya dipakai untuk kepala sekolah, tapi juga guru, dan yang lebih penting untuk siswa. Siswa harus memperoleh akses. Dalam hal ini media harus merupakan bab dalam interaksi dan acara siswa, bukan hanya guru yang memakai media tersebut.
  2. Cost. Biaya juga harus dipertimbangkan. Banyak jenis media yang sanggup menjadi pilihan kita, pada umumnya media canggih biasanya cenderung mahal. Namun, mahalnya biaya itu harus kita hitung dengan aspek menfaatnya. Semakin banyak yang menggunakan, maka unit biaya dari sebuah media akan semakin menurun. Media yang efektif tidak selalu mahal, jikalau guru kreatif dan menguasai bahan pelajaran maka akan memanfaatkan objek-objek untuk dijadikan sebagai media dengan biaya yang murah namun efektif.
  3. Technology. Mungkin saja kita tertarik kepada satu media tertentu. Tapi kita perlu perhatikan apakah teknologi tersedia dan gampang menggunakannya? Katakanlah kita ingin memakai media audio visual di kelas. Perlu kita pertimbangkan, apakah ada listrik, voltase listrik cukup dan sesuai?
  4. Interactivity. Media yang baik ialah yang sanggup memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas. Setiap kegiatan pembelajaran yang anda kembangkan tentu saja memerlukan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut. Jadikan media itu sebagai alat bantu siswa dalam beraktivitas, contohnya puzzel untuk anak SD, siswa sanggup menggunakannya sendiri, menyusun gambar sampai lengkap, flash card sanggup dikondisikan dalam bentuk permainan dan semua siswa terlibat baik secara fisik, intelektual maupun mental.
  5. Organization. Pertimbangan yang juga penting ialah donasi organisasi. Misalnya, apakah pimpinan sekolah atau yayasan mendukung? Bagaimana pengorganisasiannya. Apakah di sekolah ini tersedia satu unit yang disebut sentra sumber belajar?
  6. Novelty. Kebaruan dari media yang anda pilih juga harus menjadi pertimbangan. Media yang lebih gres biasanya lebih baik dan lebih menarik bagi siswa.

Belum ada Komentar untuk "✔ Konsep Action Dalam Menentukan Media Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel