✔ Pemilihan Media Pembelajaran
Sebuah media yang efektif dan efisien serta menyenangkan tentu menjadi dambaan dan kebutuhan untuk pembelajaran, untuk mendapat media tersebut dibutuhkan beberapa prinsip yang perlu diperhatikan diantaranya dalam pemilihan media. Terdapat beberapa pendapat dan cara dalam menyebarkan media, meskipun caranya berbeda-beda, namun ada hal yang setuju bahwa setiap media mempunyai kelebihan dan kelemahan yang akan memperlihatkan dampak kepada afektifitas kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini tidak ada satu media yang sempurna, dengan kata lain sanggup dipakai dalam semua situasi, semua karakteristik siswa dan semua mata pelajaran, namun media sifatnya kondisional dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan.
Sejalan dengan hal ini, pendekatan yang ditempuh yaitu mengkaji media sebagai bab integral dalam proses pendidikan yang fokusnya akan memperhatikan beberapa komponen, diantaranya :
Pertama, Define yaitu fase perumusan tujuan, rancangan media apa yang akan dikembangkan, beberapa persiapan awal dalam perancangan media yang menyangkut: bahan, materi, dana, serta aspek perancangan lainnya.
Kedua, Develope yaitu fase pengembangan, dalam fase ini sudah dimulai proses pembuatan media yang akan dikembangkan, sesuai dengan fase pertama dan
Ketiga, Evaluasi yaitu fase terakhir untuk menilai media yang sudah dikembangkan atau dibuat, sehabis melalui tahap uji coba, revisi, kajian dengan pihak lain. Semua fase tersebut berlangsung secara simultant atau berkesinambungan dan merupakan satu siklus menyerupai gambar berikut :
Sejalan dengan hal ini, pendekatan yang ditempuh yaitu mengkaji media sebagai bab integral dalam proses pendidikan yang fokusnya akan memperhatikan beberapa komponen, diantaranya :
- Instructional Goals, yaitu tujuan instruksional apa yang akan dicapai dalam suatu kegiatan pembelajaran. Dari kajian Tujuan Instruksional Umum (TIU) atau Tujuan Instruksional Khusus (TIK) ini sanggup dianalisis media apa yang cocok guna mencapai tujuan tersebut. Jika kita kaitkan dengan kurikulum berbasis kompetensi maka kita harus memperhatikan : standar kompetensi, kompetensi dasar dan terutama indikator.
- Instructional content, materi pembelajaran, yaitu materi atau kajian apa yang akan diajarkan pada kegiatan pembelajaran tersebut. Pertimbangan lainnya, dari materi atau pokok bahasan tersebut hingga sejauhmana kedalaman yang harus dicapai, dengan demikian kita sanggup mempertimbangkan media apa yang sesuai untuk penyampaian materi tersebut.
- Learner Characteristic, familiaritas media dan karakteristik siswa. Yaitu mengkaji sifat-sifat dan ciri media yang akan dipakai dikaitkan dengan karakteristik siswa, baik secara kuantitatif (jumlah) ataupun kualitatif (kualitas, ciri, dan kebiasaan lain) dari siswa terhadap media yang akan digunakan.
- Media selection, adanya sejumlah media yang sanggup diperbandingkan alasannya yaitu pemilihan media intinya yaitu proses pengambilan keputusan dari sejumlah media yang ada ataupun yang akan dikembangkan.
Pertama, Define yaitu fase perumusan tujuan, rancangan media apa yang akan dikembangkan, beberapa persiapan awal dalam perancangan media yang menyangkut: bahan, materi, dana, serta aspek perancangan lainnya.
Kedua, Develope yaitu fase pengembangan, dalam fase ini sudah dimulai proses pembuatan media yang akan dikembangkan, sesuai dengan fase pertama dan
Ketiga, Evaluasi yaitu fase terakhir untuk menilai media yang sudah dikembangkan atau dibuat, sehabis melalui tahap uji coba, revisi, kajian dengan pihak lain. Semua fase tersebut berlangsung secara simultant atau berkesinambungan dan merupakan satu siklus menyerupai gambar berikut :
Belum ada Komentar untuk "✔ Pemilihan Media Pembelajaran"
Posting Komentar