✔ Pengertian Berguru Berdasarkan Teori Sibernetik

Teori berguru sibernetik merupakan teori berguru yang relative gres dibandingkan dengan teori-teori berguru yang sudah dibahas sebelumnya. Teori ini berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dan ilmu informasi. Menurut teori sibernetik, berguru yaitu pengolahan informasi. Seolah-olah teori ini memiliki kesamaan dengan teori kognitif yaitu mementingkan proses berguru daripada hasil belajar. Proses berguru memang penting dalam teori sibernetik, namun yang lebih penting lagi yaitu system gosip yang diproses yang akan dipelajari siswa. Informasi inilah yang akan memilih proses. Bagaimana proses berguru akan berlangsung, sangat ditentukan oleh system gosip yang dipelajari.
Asumsi lain dari teori sibernetik yaitu bahwa tidak ada suatu proses belajarpun yang ideal untuk segala situasi, dan yang cocok untuk semua siswa. Sebab cara berguru sangat ditentukan oleh system informasi. sebuah gosip mungkin akan dipelajari oleh seorang siswa dengan satu macam proses belajar, dan gosip yang sama mungkin akan dipelajari siswa lain melalui proses berguru yang berbeda.

Implementasi teori sibernetik dalam acara pembelajaran telah dikembangkan oleh beberapa tokoh , diantaranya yaitu pendekatan-pendekatan yang berorientasi pada pemrosesan informasiyang dikembangkan oleh Gage dan Berliner, Biehler, Snowman, Baine, dan Tennyson. Konsepsi Landa dalam model pendekatannya yang disebut algoritmik dan heuristik juga termasuk teori sibernetik. Pask dan Scott yang membagi siswa menjadi tipe menyeluruh atau wholist, dan tipe serial atau serialist juga menganut teori sibernetik.

Bahasan teori sibernetik mencakup:
  1. Teori Pemrosesan Informasi
  2. Teori Belajar Menurut Landa [ Klik Disini ]
  3. Teori Belajar Menurut Pask dan Scott [ Klik Disini ]
Sumber:
DR. C. Asri Budiningsih, 2005. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. Hal. 81-88.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Berguru Berdasarkan Teori Sibernetik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel