✔ Pengertian Persepsi Dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Para hebat banyak mengungkapkan pendapat mengenai persepsi secara definitif yang berbeda satu sama lain. Seperti yang diungkapkan oleh Robbins, S.P. (2003:88) mendeskripsikan persepsi dalam kaitannya dengan lingkungan, yaitu sebagai proses dimana individu-individu mengorganisasikan dan menafsirkan kesan indera mereka biar memberi makna pada lingkungan mereka.

Sedangkan berdasarkan Triato dan Titik Triwulan, T. (2006:53) Persepsi yakni suatu proses pengenalan atau identifikasi sesuatu dengan memakai panca indera. Kesan yang diterima individu sangat tergantung pada seluruh pengalaman yang telah diperoleh melalui proses berpikir dan belajar, serta dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dalam diri individu.

Menurut Kotler (2004 : 193) yang menyatakan bahwa persepsi merupakan suatu proses di mana seseorang sanggup memilih, mengatur, dan mengartikan imformasi menjadi suatu gambar yang sangat berarti di dunia.

Sedangkan berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia (2005:807) persepsi didefinisikan sebagai tanggapan atau penerimaan pribadi dari sesuatu, atau merupakan proses seseorang untuk mengetahui beberapa hal melalui panca inderanya. Kaprikornus secara umum, persepsi sanggup diartikan sebagai proses pemilihan, pengelompokan dan penginterprestasian berdasarkan pengalaman wacana tragedi yang diperoleh melalui panca inderanya untuk menyimpul kan info dan menafsirkan pesan.

Persepsi merupakan suatu tanggapan atau pendapat seseorang atau kelompok atas suatu persoalan yang diajukan dan dibutuhkan sanggup memperlihatkan pemecahan persoalan tersebut.

Menurut Kreitner dan Kinicki (2005 : 208), persepsi yakni proses kognitif yang memungkinkan kita sanggup menafsirkan dan memahami lingkungan sekitar kita.
Menurut Khairani (2012 : 62), persepsi merupakan suatu proses yang didahului stimulus yang diterima oleh individu melalui alat reseptor yaitu indera. Terdapat 2 faktor yang menghipnotis persepsi, yaitu Faktor Internal dan Faktor Eksternal.
  1. Faktor Internal , yaitu faktor-faktor yang terdapat dalam diri individu, yang meliputi beberapa hal antara lain:
  • a.  Fisiologis, info yang diperoleh melalui indera, kemudian akan menghipnotis dan melengkapi perjuangan untuk memperlihatkan arti terhadap lingkungan sekitar.
  • b. Perhatian, individu memerlukan sejumlah energi yang dikeluarkan untuk memperhatikan atau memfokuskan pada suatu obyek, sehingga perhatian seseorang terhadap obyek berbeda dan akan menghipnotis persepsi terhadap suatu obyek.
  • c.  Minat, perceptual vigilance merupakan kecenderungan seseorang untuk memperhatikan tipe tertentu dari stimulus.
  • d. Kebutuhan yang searah,  kuatnya seorang individu dalam mecari obyek yang sanggup memberikan  balasan sesuai dengan dirinya.
  • e.  Pengalaman dan ingatan, pengalaman tergantung pada sejauh mana seseorang mengingat kejadian-kejadian lampau untuk mengetahui suatu rangsangan dalam pengertian luas.
  • f.  Suasana hati, keadaan emosi menghipnotis sikap seseorang dalam menerima, bereaksi dan mengingat.
  1.  Selain Faktor Ekternal diatas, ke 2 adalah...
  2. Faktor eksternal, lingkungan dan obyek-obyek yang sanggup mengubah sudut pandang seseorang terhadap dunia sekitarnya dan menghipnotis seseorang dalam mencicipi dan menerimya. Faktor-faktor eksternal yang menghipnotis persepsi adalah:
  • a. Ukuran dan penempatan dari obyek atau stimulus, semakin besarnya hubngan suatu obyek, maka semakin gampang untuk dipahami, sehingga individu gampang dalam memperhatikan dan membentuk persepsi.
  • b. Warna dari obyek-obyek, obyek-obyek yang memiliki cahaya lebih banyak, akan lebih gampang dipahami.
  • c. Keunikan dan kekontrasan stimulus, stimulus luar yang penampilan, latarbelakang yang berbeda akan lebih menarik perhatian.
  • d. Intensitas dan kekuatan dari stimulus, stimulus dari luar akan memberi makna lebih kalau sering diperhatikan dibandingkan dengan yang hanya sekali melihat.
  • e. Motion atau gerakan, individu akan banyak memperlihatkan perhatian terhadap obyek yang memperlihatkan gerakan dalam jangkauan pandangan dibandingkan obyek yang diam.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Persepsi Dan Faktor Yang Mempengaruhinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel