✔ Perkembangan Aspek Afektif

 Afektif meliputi emosi atau perasaan yang dimiliki oleh penerima didik ✔ Perkembangan Aspek Afektif
Perkembangan Aspek Afektif - .  Afektif meliputi emosi atau perasaan yang dimiliki oleh penerima didik, yang juga mendapat perhatian dalam pembelajaran.  Keberhasilan Bloom (Brown, 2000) memperlihatkan definisi wacana ranah afektif yang terbagi atas lima tataran afektif yang implikasinya dalam siswa SMP/SMA lebih kurang sebagai berikut:
  1. sadar akan situasi, fenomena, masyarakat, dan objek di sekitar;
  2. respon terhadap stimulus-stimulus yang ada di lingkungan mereka;
  3. bisa menilai;
  4. sudah mulai mengorganisasi nilai-nilai dalam suatu sistem dan memilih hubungan di antara nilai-nilai yang ada;
  5. sudah mempunyai karakteristik dan mengetahui karakteristik tersebut dalam bentuk sistem nilai.
Pemahaman guru wacana perkembangan aspek afektif siswa merupakan hal yang sangat penting untuk keberhasilan belajarnya, aspek afektif tersebut sanggup terlihat selama pembelajaran terutama ketika siswa bekerja kelompok.  Oleh alasannya ialah itu, selama pembelajaran (termasuk ketika siswa kerja kelompok) guru senantiasa terus memantau dan mengamati acara siswanya.

Sumber:
Dikarang oleh: Dra. Hj. Sitti Hartinah D.S, M.M. 
Judul Buku: Pengembangan Peserta Didik.  Cetakan ketiga. (2011). Halaman 6-7.
Penerbit:  PT. Refika Aditama. Bandung.

Belum ada Komentar untuk "✔ Perkembangan Aspek Afektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel