✔ Memahami Konsep Dasar Berguru (Hakikat Belajar)

asik berguru dot com. Artikel ini bagian dari artikel yang membahas perihal Memahami Konsep Dasar Belajar yang terdiri dari: Pengertian Belajar (klik disini), Hakikat Belajar (klik disini) dan Ciri-Ciri Belajar (klik disini), Jenis-Jenis Belajar (klik disini) serta Aktivitas-Aktivitas Belajar (klik disini).

B.    Hakikat Belajar
Dari beberapa istilah atau pengertian berguru dari pendapat di atas yang perlu menerima bahasan selanjutnya yaitu kata “perubahan” atau change.
Ketika kata “perubahan” dibicarakan dab dipermasalahkan, maka pembicaraan sudah meyangkut permasalahan fundamental problem belajar.  Apapun deretan kata dan kalimat yang dirangkai oleh para andal untuk menawarkan pengertian belajar, namun semuanya itu mengandung makna problem “perubahan” yang terjadi dalam diri individu yang belajar.
Proses berguru tersebut terjadi melalui banyak cara, baik sengaja maupun tidak disengaja dan berlangsung sepanjang waktu dan menuju pada suatu perubahan pada diri pembelajar.  Perubahan yang dimaksud yaitu perubahan sikap tetap berupa pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan kebiasaan yang gres diperoleh individu.  Sedangkan pengalaman merupakan interaksi antara individu dengan lingkungan sebagai sumber belajarnya.  Jadi, berguru disini diartikan sebagai proses perubahan sikap tetap dari belum tahu menjadi tahu, dari tidak paham menjadi paham, dari kurang terampil menjadi lebih terampil, dan dari kebiasaan usang menjadi kebiasaan baru, serta bermanfaat bagi lingkungan maupun individu itu sendiri (Trianto, 2010: 21).
Oleh alasannya yaitu itu, seseorang yang melaksanakan acara berguru dan diakhir aktivitasnya itu telah memperoleh perubahan dalam dirinya dengan pemilikan pengalaman baru, maka individu itu dikatakan telah belajar.  Perubahan yang dimaksud yaitu perubahan yang bersentuhan dengan aspek kejiwaan dan mensugesti tingkah laku, sedangkan perubahan tingkah laris akhir mabuk meminum minuman keras, akhir goresan dan sebagainya bukan termasuk kategori belajar.

Belum ada Komentar untuk "✔ Memahami Konsep Dasar Berguru (Hakikat Belajar)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel