✔ Perkembangan Aspek Psikomotor

 Aspek psikomotor merupakan salah satu aspek yang penting untuk diketahui oleh guru ✔ Perkembangan Aspek Psikomotor
Perkembangan Aspek Psikomotor - .  Aspek psikomotor merupakan salah satu aspek yang penting untuk diketahui oleh guru.  Perkembangan aspek psikomotor juga melalui beberapa tahap.  Tahap-tahap tersebut antara lain:
  1. Tahap Kognitif:  tahap ini ditandai dengan adanya gerakan-gerakan yang kaku dan lambat.  Hal tersebut terjadi alasannya yaitu siswa masih dalam tahap berguru untuk mengendalikan gerakan-gerakannya.  Dia harus berpikir sebelum melaksanakan suatu gerakan.  Pada tahap tersebut, siswa sering menciptakan kesalahan dan kadang kala terjadi tingkat putus asa yang tinggi.
  2. Tahap Asosiatif: pada tahap ini, seorang siswa membutuhkan waktu yang lebih pendek untuk memikirkan perihal gerakan-gerakannya.  Dia mulai sanggup mengasosiasikan gerakan yang sedang dipelajari dengan gerakan yang sudah dikenal. Tahap ini masih dalam tahap pertengahan dalam perkembangan psikomotor.  Oleh alasannya yaitu itu, gerakan-gerakan pada tahap ini belum menjadi gerakan yang bersifat otomatis.  Pada tahap ini, seorang siswa masih memakai pikirannya untuk melaksanakan suatu gerakan, tetapi waktu yang diharapkan untuk berpikir lebih sedikit dibanding pada waktu beliau berada pada tahap kognitif.  Gerakan-gerakannya sudah mulai tidak kaku alasannya yaitu waktu yang diharapkan untuk berpikir lebih pendek.
  3. Tahap Otonomi: pada tahap ini, seorang siswa telah mencapai tingkat autonomi yang tinggi.  Proses belajarnya sudah hampir lengkap meskipun beliau tetap sanggup memperbaiki gerakan-gerakan yang dipelajarinya.  Tahap ini disebut tahap autonomi alasannya yaitu siswa sudah tidak memerlukan kehadiran pelatih untuk melaksanakan gerakan-gerakan. Pada tahap ini, gerakan-gerakan yang telah dilakukan secara impulsif dan oleh akibatnya gerakan-gerakan yang dilakukan juga tidak mengharuskan pembelajaran untuk memikirkan tantang gerakannya.
Ketiga tahapan tersebut sanggup dikembangkan melalui pendidikan teknologi dasar yang pada gilirannya siswa tidak lagi memerlukan kehadiran pelatih dikala terjun di masyarakat.

Sumber:
Dikarang oleh: Dra. Hj. Sitti Hartinah D.S, M.M. 
Judul Buku: Pengembangan Peserta Didik.  Cetakan ketiga. (2011). Halaman 6.
Penerbit:  PT. Refika Aditama. Bandung.

Belum ada Komentar untuk "✔ Perkembangan Aspek Psikomotor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel