✔ Perkembangan Aspek Kognitif

 yaitu yang lebih kurang sama dengan usia siswa Sekolah Menengah Pertama ✔ Perkembangan Aspek Kognitif
Perkembangan Aspek Kognitif - .  Menurut Piaget (1970), periode yang dimulai pada usia 12-18 tahun, yaitu yang lebih kurang sama dengan usia siswa SMP/SMA, merupakan period of formal operationPada usia ini, yang berkembang pada siswa yaitu kemampuan berfikir secara simbolis dan bisa memahami sesuatu secara bermakna (meaning fully) tanpa membuktikan objek yang aktual atau bahkan objek yang visual.  Siswa telah memahami hal-hal yang bersifat imajinatif.  Pada tahap perkembangan ini juga berkembang ketujuh kecerdasan dalam Multiple Intelligences yang dikemukakan oleh Gardner (1993), yaitu:
  1. kecerdasan linguistik (kemampuan berbahasa yang fungsional),
  2. kecerdasan logis matematis (kemampuan berfikir runtut),
  3. kecerdasan musikal (kemampuan menangkap dan membuat teladan nada dan irama),
  4. kecerdasan spasial (kemampuan membentuk imaji mental perihal realistis),
  5. kecerdasan ragawi (kemampuan menghasilkan gerakan motorik yang halus),
  6. kecerdasan intrapribadi (kemampuan untuk mengenal diri sendiri dan berbagi rasa jati diri),
  7. kecerdasan antarpribadi (kemampuan memahami orang lain),
Ketujuh macam kecerdasan ini seyogyanya sanggup dikembangkan sesuai dengan karakteristik keilmuan pendidikan di aneka macam jenjang pandidikan.

Sumber:
Dikarang oleh: Dra. Hj. Sitti Hartinah D.S, M.M.  
Judul Buku: Pengembangan Peserta Didik.  Cetakan ketiga. (2011). Halaman 5-6.
Penerbit:  PT. Refika Aditama. Bandung.

Belum ada Komentar untuk "✔ Perkembangan Aspek Kognitif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel