✔ Pragmatisme Charles Sanders Peirce

 spesialis matematika populer Havard yang menghabiskan waktu dan tenaga nya untuk memb ✔ Pragmatisme Charles Sanders Peirce
Charles S. Peirce ialah putra dari Benjamin Peirce, spesialis matematika populer Havard yang menghabiskan waktu dan tenaga nya untuk memperlihatkan pendidikan unggul (excellent education) kepada putranya. Sekalipun Charles Pierce jarang bergaul dalam lingkungan akademik dan hidup dalam keadaan miskin, tetapi dia berhasil lulus dari Lawrence Scientific School dengan predikat summa cum laude.

Peirce mencoba mensintesis rasionalisme yang menempel pada kebijaksanaan dan matematika dengan empirisme objektif, sedangkan James berjuang untuk mengkombinasikan subjektivisme yang terdapat dalam individualisme dirinya dengan empirisme objektif. Apabila James dengan gaya retorika yang khas menyatakan bahwa "kebenaran ialah apa yang dikerjakan" dan "yang benar ialah mengarah pada tujuan", Peirce justru membuka pragmatisme untuk dibawa menjadi filosofi ihwal tujuan itu sendiri. Peirce mengabdikan dirinya pada perkembangan metode inkuiri yang sanggup dipakai verifikasi kebenaran umum secara meluas.

Pemikiran Peirce yang patut direnungkan antara lain ialah "apa yang dimaksud dengan kebenaran". Peirce yakin bahwa kebenaran yang hakiki ialah kebenaran berdasarkan fakta bukan berdasarkan opini. Kebenaran berdasarkan opini sangat tergantung dari apa yang disepakati oleh orang yang menciptakan opini, sedangkan kebenaran berdasarkan fakta ialah faktual adanya. Dalam hal ini Peirce (1956: 26) menyatakan sebagai berikut:
There are real things, whos characters are entirely independent of our opinions about them; whos realities affect our senses according to regular laws, and, though our sensations are as different as our relations to the objects, het, by taking advantage of the laws of perception, we can ascertain by reasoning how things really are, and any man, if he has sufficient experience and reason enough about it, will be led to the one true conclusion
Dari penegasan Peirce di atas, sanggup dipahami bahwa dia menolak kesimpulan suatu kebenaran atas dasar seseorang atau kelompok, sebab pada prinsipnya realita bersifat bebas dari opini. Realita, berdasarkan Peirce berjalan berdasarkan aturan reguler yang mengatur korelasi antara objek-objek yang ada.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pragmatisme Charles Sanders Peirce"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel