✔ Teori Kognitif Sosial Bandura

Teori Kognitif Sosial Bandura - .  Bandura membuatkan teori kognitif sosial dengan melanjutkan karya Piaget sebelumnya.  Sebagaimana para pendukung konstruktivisme lainnya, Bandura menganggap bahwa belajar yakni proses yang aktif dan menekankan pentingnya keadaan sosial dalam pelajaran.

 Bandura membuatkan teori kognitif sosial dengan melanjutkan  ✔ Teori Kognitif Sosial Bandura
Menurut Bandura, menusia hidup tidak dalam isolasi, yang sering ia sebut sebagai "agensi kolektif" (collective agency).  Dalam agensi kolektif, insan bekerja dengan saling percaya dan mempunyai aspirasi bersama, untuk meningkatkan kehidupannya.  Dalam hubungannya dengan bekerja bersama ini, Bandura memperlihatkan teori ihwal efikasi-diri (self-efficacy) dan penerapannya dala pendidikan, kesehatan, psikopatologi, atletik, bisnis, dan kekerabatan internasional.  Bandura beropini bahwa orang berguru dari pengamatan padasuri tauladan (role model) dalam kehidupan sehari-hari.  Bandura menjelaskan "learning would be exceedingly laborious, not to mention hazardous, if people  have to rely solely on the effects of their own actions to inform them what to do".  Jadi, apabila insan harus menggantungkan pada imbas tindakannya untuk memberitahukan apa yang akan dilakukan, dalam belajar insan harus bekerja keras, tetapi tidak hingga pada taraf merusak.

Sumber:
Sohandji, Ahmad.  2012. Manusia, Teknologi, Dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru.  Malang: Universitas Negeri Malang. (hal. 25).

Belum ada Komentar untuk "✔ Teori Kognitif Sosial Bandura"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel