✔ Perangkat Pengelolaan Berguru Kolaboratif

Untuk mendukung kelancaran penerapan pengelolaan mencar ilmu kolaboratif setidaknya diharapkan 6 (enam) format pencatatan untuk pengelolaan dan perencanaan acara belajar-mengajarnya (Howard, 2001).  Format-format itu adalah:

1. Roster Komunikasi
2. Lembar Tugas
3. Jadwal Pertemuan
4. Agenda Pertemuan
5. Jadwal Kegiatan Pertemuan Tim
6. Evaluasi Pertemuan Berkala
7. Evaluasi Akhir Keseluruhan Kegiatan

Pola pembelajaran kolaboratif, merupakan salah satu taktik pembelajaran untuk mengatasi penerima kuliah yang banyak, dengan cara membagi-bagi mahasiswa penerima kuliah dalam kelompok diikuti pinjaman kiprah berupa masalah pemecahan masalah, dan lalu hasil kerja kiprah dinilai antar kelompok atau inter anggota kelompok.  Sebagai konsekuensinya penilaian dituntut adil, berkelanjutan, memperhatikan prestasi unjuk kerja individu, prestasi individu dalam kerja kelompok, dan unjuk kerja kelompok, baik pada proses maupun pada hasil.

Dari kegiatan-kegiatan itulah mahasiswa secara tidak pribadi telah ditanamkan anasir dasar prilaku yang mengandung nilai-nilai kerjasama yang esensinya sangat penting sebagai bekal untuk menyosong kehidupan konkret sebagai guru di masyarakat yang diharapkan sanggup mendukung kehidupan yang demokratis.  Selain itu mahasiswa terfasilitasi dengan adaptasi untuk berafiliasi dan berpikir secara kritis.  Kemampuan komunikasi secara lisan akan lebih sering diasah dan hasilnya membawa implikasi kepada kecerdasan intelektual maupun mental (Gokhale, 1995)

Sumber : Prof. Dr. Suratno, M.Pd dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam bidang penelitian dan penilaian pendidikan pada FKIP Univ. Lambung Mangkurat tgl. 11 Mei 2013 dengan judul : Penanaman Nilai Kerjasama untuk Membentuk Kompetensi Mahasiswa Dalam Perspeksi Pembelajaran Kolaboratif.

Belum ada Komentar untuk "✔ Perangkat Pengelolaan Berguru Kolaboratif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel