✔ Hakikat Model Pembelajaran

 Secara menyeluruh model dimaknakan sebagai suatu obyek atau konsep yang dipakai untuk m ✔ Hakikat Model Pembelajaran
Hakikat Model Pembelajaran - .  Secara menyeluruh model dimaknakan sebagai suatu obyek atau konsep yang dipakai untuk merepresentasikan suatu hal.  Sesuatu yang positif ddan dikonversi untuk sebuah bentuk yang lebih komprehensip (Meyer, W.J., 1985:2). Sebagai contoh, model pesawat terbang, yang terbuat dari kayu, plastik dan lim yaitu model positif dari pesawat terbang. Contoh lain yaitu inspirasi politik, opini publik diibaratkan sebagai sebuah pendulum lantaran dia berubah-ubah tiap periodiknya dari kiri ke kanan begitu terus berkelanjutan. Secara terminologi, kita sanggup menyampaikan bahwa pendulum yaitu sebuah model untuk opini publik.

Dalam matematika kita juga mengenal istilah model atematika yaitu sebuah model yang bagian-bagiannya terdiri dari konsep matematika, mirip ketetapan (konstanta), variabel, fungsi, persamaan, pertidaksamaan, dan sebagainya (Meyer, W.J., 1985:2).  Sebagai contoh, model matematika gerak parabola, model matematika jatuh bebas dan sebagainya (Trianto, 2008:1).

Model pesawat terbang dan pendulum yaitu obyek nyata, tetapi mereka bukanlah model matematika. Lalu apa yang dimaksud dengan model pembelajaran sendiri?. Model pembelajaran yaitu suatu perencanaan atau suatu pola yang dipakai sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk memilih perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain (Joyce, 1992: 4).  Selanjutnya Joyce menyatakan bahwa setiap model pembelajaran mengarahkan kita ke dalam mendesain pembelajaran untuk membantu penerima didik sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Soekamto, dkk (Nurulwati, 2000: 10) mengemukakan maksud dari model pembelajaran adalah: "Kerangka konseptual yang melukiskan mekanisme yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman berguru untuk mencapai tujuan berguru tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan kegiatan berguru mengajar." Dengan demikian kegiatan pembelajaran benar-benar merupakan kegiatan bertujuan yang tertata secara sistematis.  Hal ini sejalan dengan pendapat Eggen dan Kauchak bahwa model pembelajaran menawarkan kerangka dan arah bagi guru untuk mengajar.

Arends (1997: 7) menyatakan: "The term teaching model refers to a particular approach to instruction that includes its goals, syntax, environment, and management system."  Istilah model pengajaran mengarah pada suatu pendekatan pembelajaran tertentu termasuk tujuannya, sintaksnya, lingkungannya, dan sistem pengelolaannya.

Istilah model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas dari pada strategi, metode atau prosedur.  Model Pembelajaran mempunyai ciri khusus (Klik Disini untuk membacanya).

Diresume dari :
Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal.73-74.

Belum ada Komentar untuk "✔ Hakikat Model Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel