✔ Talking Stick Dan Snowball Throwing

Model Pembelajaran Talking stick dan Model Pembelajaran Snowball Throwing ialah sama-sama keduanya termasuk suatu tipe Model pembelajaran kooperatif .

A. Talking Stick
Model pembelajaran ini dilakukan dengan santunan tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru sesudah siswa mempelajari bahan pokoknya. Pembelajaran Talking Stick sangat cocok diterapkan bagi siswa SD, SMP, dan SMA/SMK. Selain untuk melatih berbicara, pembelajaran ini akan membuat suasana yang menyenangkan dan membuat siswa aktif.

Langkah-langkah penerapannya sanggup dilakukan sebagai berikut:
  1. Guru membentuk kelompok yang terdiri atas 5 orang.
  2. Guru menyiapkan sebuah tongkat yang panjangnya 20 cm.
  3. Guru memberikan bahan pokok yang akan dipelajari, kemudian memperlihatkan kesempatan para kelompok untuk membaca dan mempelajari bahan pelajaran.
  4. Siswa berdiskusi membahas duduk masalah yang terdapat di dalam wacana.
  5. Setelah kelompok selesai membaca bahan pelajaran dan mempelajari isinya, guru mempersilahkan anggota kelompok untuk menutup isi bacaan.
  6. Guru mengambil tongkat dan memperlihatkan kepada salah satu anggota kelompok, sesudah itu guru memberi pertanyaan dan anggota kelompok yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya hingga sebagian besar siswa menerima bab untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
  7. Siswa lain boleh membantu menjawab pertanyaan kalau anggota kelompoknya tidak sanggup menjawab pertanyaan.
  8. Guru memperlihatkan kesimpulan.
  9. Guru melaksanakan evaluasi/penilaian, baik secara kelompok maupun individu.
  10. Guru menutup pembelajaran.
B.  Snowball Throwing
Model pembelajaran ini menggali potensi kepemimpinan murid dalam kelompok dan keterampilan membuat-menjawab pertanyaan yang di padukan melalui permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju (Komalasari: 2010)

Langkah-langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing sebagai berikut
  1. Guru memberikan bahan yang akan disajikan
  2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memperlihatkan klarifikasi wacana materi
  3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan bahan yang disampaikan oleh guru kepada temannya
  4. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut bahan yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
  5. Kemudian kertas tersebut dibentuk menyerupai bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
  6. Setelah siswa sanggup satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
  7. Evaluasi
  8. Penutup
(Diolah dari banyak sekali sumber)

Belum ada Komentar untuk "✔ Talking Stick Dan Snowball Throwing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel