✔ Model Pembelajaran Cooperative Learning

Pembelajaran kooperatif sesuai dengan fitrah insan sebagai makhluk sosial yang penuh ketergantungan dengan orang lain, memiliki tujuan dan tanggung jawab bersama, pembagian tugas, dan rasa senasib. Dengsan memanfaatkan kenyataan itu, berguru berkelompok secara koperatif, siswa dilatih dan dibiasakan untuk saling mengembangkan (sharing) pengetahuan, pengalaman, tugas, tanggung jawab. Saling membantu dan berlatih berinteraksi-komunikasi-sosialisasikarena koperatif yakni miniature dari hidup bermasyarakat, dan berguru menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Makara model pembelajaran koperatif yakni acara pembelajaran dengan cara berkelompok untuk berafiliasi saling membantu mengkontruksikan konsep, menuntaskan problem atau inkuiri.

Menurut teori dan pengalaman agarkelompok kohesif (kompak-partisipatif), tiap anggota kelompok terdiri dari 4-5 orang, siswa heterogen (kemampuan, gender, karakter), ada kontrol dan fasilitas, dan meminta tanggung jawab hasil kelompokberupa laporan atau presentasi.

Sintak pembelajaran koperatif yakni :
  • informasi,
  • pengarahan-strategi, 
  • membentuk kelompok heterogen, 
  • kerja kelompok, 
  • presentasi hasil kelompok dan 
  • pelaporan. 
Pustaka :
Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Scripta Cendekia. Banjarmasin. Halaman 131-132.

Belum ada Komentar untuk "✔ Model Pembelajaran Cooperative Learning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel