✔ Dilema Kurikulum Pada Isi (Content)

Masalah Kurikulum Pada Isi (Content) - .  Kurikulum merupakan aspek yang sangat dasar dalam pendidikan.  Yang dimaksud kurikulum disini mengacu pada isi (content) pembelajaran.  Dari segi kurikulum ini sanggup diungkapkan masalah-masalah kesederhanaan, keterkaitan, dan relevansi.
 Kurikulum merupakan aspek yang sangat dasar dalam pendidikan ✔ Masalah Kurikulum Pada Isi (Content)

Isi kurikulum yang disusun terlalu rinci dalam pelaksanaannya akan menjadi kurang elastis untuk menjawab persoalan-persoalan yang berkembang begitu cepatnya di masyarakat, serta mengurangi kurang gerakdan kreativitas guru dalam menciptakan keputusan-keputusan situasional.  Sebaliknya jikalau isi kurikulum disusun terlalu global, guru dikhawatirkan kurang siap untuk menjabarkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.  Guru yang kurang bisa mentransformasi contoh pokok ini sanggup mengakibatkan kehilangan arah dan secara serampangan memilih isi kurikulum yang diajarkannya.

Selama ini, pola yang ditempuh dalam merumuskan isi kurikulum yakni monodisipliner, sehingga satu mata pelajaran dengan yang lainkurang ada keterkaitan.  Padahal proses transmisi budaya sanggup dilakukan secara efektif apabila ada keterkaitan antara unsur-unsur budaya yang ditransmisikan.

Relevansi kurikulum terhadap realitas hidup juga merupakan masalah krusial yang perlu dipikirkan.  Isi kurikulum sering kurang menyentuh kehidupan konkret di masyarakat.  Contoh-contoh mengenai kondisi yang berkembang di masyarakat kurang menerima penekanan.  Akibatnya seperti perkembangan di sekolah terpisah dari perkembangan yang terjadi di luar sekolah.

Sumber:
Sohandji, Ahmad.  2012. Manusia, Teknologi, Dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru.  Malang: Universitas Negeri Malang. (hal. 101).

Belum ada Komentar untuk "✔ Dilema Kurikulum Pada Isi (Content)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel