✔ Pendekatan Kepemimpinan

Menurut Handoko (2003: 295), ada beberapa pendekatan kepemimpinan yang diklasifikasikan sebagai pendekatan-pendekatan kesifatan, perilaku, dan situasional. 

Pendekatan Pertama memandang kepemimpinan sebagai suatu kombinasi sifat-sifat yang tampak. Pendekatan kedua bermaksud mengidentifikasikan perilaku-perilaku (behaviours) langsung yang berafiliasi dengan kepemimpinan yang efektif. 
Pendekatan Kedua, pendekatan ini mempunyai anggapan bahwa seorang individu yang mempunyai sifat-sifat tertentu atau memperagakan perilaku-perilaku tertentu akan muncul sebagai pemimpin dalam situasi kelompok apapun dimana beliau berada. 
Pendekatan ketiga, ialah pandangan situasional wacana kepemimpinan. Pandangan ini menganggap bahwa kondisi yang memilih efektifitas kepemimpinan bervariasi dengan situasi yakni : tugas-tugas yang dilakukan, keterampilan dan pengharapan bawahan, lingkungan organisasi, pengalaman masa kemudian pemimpin dan bawahan dan sebagainya. Pandangan ini telah menjadikan pendekatan contingency pada kepemimpinan situasional yang memilih efektifitas situasi gaya kepemimpinan tertentu.

Pustaka:
Handoko, T. Hani.  2003.  Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.  Yogyakarta: BPFE UGM.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pendekatan Kepemimpinan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel