✔ Tugas-Tugas Kepemimpinan

Tugas-tugas Kepemimpinan.  Hasibuan (2005: 205) mengemukakan tugas-tugas kepemimpinan yang merupakan cerminan dari perilakunya dalam melaksanakan proses kepemimpinan antara lain: (1) mengambil keputusan, (2) berbagi imajinasi, (3) berbagi kesetiaan pengikutnya, (4) pemrakarsa, penggiatan dan pengendalian rencana, (5) pelaksanaan keputusan dengan memperlihatkan dorongan kepada para pengikutnya, (6) memanfaatkan sumber daya insan dan sumber-sumber lainya, (7) melaksanakan kontrol dan perbaikan-perbaikan atas kesalahan, (8) memperlihatkan tanda penghargaan, dan (9) mendelegasikan wewenang kepada bawahannya.

Berdasarkan pengertian bahwa kepemimpinan ialah proses menghipnotis tingkah laris yang mengandung indikasi serangkaian kiprah penting seorang pemimpin yaitu (Wahjosumidjo, 2002: 40):
  1. Mendefinisikan misi dan peranan organisasi : Misi dan peranan organisasi sanggup dirumuskan dengan baik apabila seorang pemimpin lebih dulu memahami perkiraan struktural sebuah organisasi.
  2. Pemimpin merupakan pengejawantahan tujuan organisasi : Dalam kiprah ini pemimpin harus membuat budi ke dalam tatanan atau keputusan terhadap sarana untuk mencapai tujuan yang direncanakan.
  3. Mempertahankan keutuhan organisasi : Pemimpin bertugas untuk mempertahankan keutuhan organisasi dengan melaksanakan koordinasi dan kontrol melalui dua cara, yaitu melalui otoritas, peraturan, literally, melalui pertemuan, dan koordinasi khusus terhadap banyak sekali peraturan. 
  4. Mengendalikan konflik internal yang terjadi di dalam organisasi.
Untuk mengetahui Peran Pemimpin Pendidikan (Kepala Sekolah) berdasarkan Usman (2008: 272) DAPAT KLIK DISINI

Belum ada Komentar untuk "✔ Tugas-Tugas Kepemimpinan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel