✔ Bidang-Bidang Bimbingan Dan Konseling

Bidang-Bidang Bimbingan dan Konseling - .  Bidang-bidang bimbingan dan konseling secara umum menyerupai yang dikutip oleh Dra. Hellen A, M.Pd dalam bukunya Bimbingan Dan Konseling, meliputi empat buah bidang yaitu:

a.    Bidang Bimbingan Pribadi
Yaitu membantu siswa menemukan dan menyebarkan langsung yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mantap dan berdikari serta sehat jasmani dan rohani.

b.    Bidang Bimbingan Sosial
Dalam bidang bimbingan sosial, pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah berusaha iriembatu pesrta didik meiigeiial dan bekerjasama dengan lingkungan sosixlnya yang dilandasi kecerdikan pekerti, tanggung jawab kemasyarakatan  dan kenegaraan.

c.    Bidang  Bimbingan Belajar
Dalam bimbingan belajar, layanan bimbingan konseling membantu penerima didik untuk menumbuhkan dan menyebarkan perilaku dan kebiasaan mencar ilmu yang baik dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta mempersiapkan penerima didik untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau untuk teijun ke lapangan pekerjaan tertentu.

d.    Bidang Bimbingan Karier
Dalam bidang bimbingan karier, pelayanan bimbingan dan konseling ditujukan untuk mengena potensi dirt, menyebarkan dan memantapkan
pilihan karier.

Dr. Syamsu Yusuf, LN. dan Dr. A. Juntika Nurihsan, dalam bukunya Landasan Dimbitigan Konseling, menggolongkan bidang bimbingan tersebut kedalain ragam bimbingan berdasarkan masalahnya, yaitu:

a.  Bimbingan Akademik
Merupakan bimbingan yang diarahkan untuk membantu para individu dalam mengbadapi dan memecahkan masalah-masalah akademiit, menyerupai pengenalan kurikulum, pemilihan jurusan/konsentrasi cara belajar, penyelesaian tugas-tugas dan latihan, pencarian dan penggunaan sumber belajar, perencanaan pendidikan lanjutan, dan lain-lain. Bimbingan akademik dilakukan dengan cara menyebarkan suasana mencar ilmu mengajar yang aman dan terhindnr dari kesulitan-kesulitan belajar.

b.    Bimbingan Postal Pribadi
Merupakan bimbingan untuk membantu para individu dalam memecahkan masalah-masalah sosial pribadi. Misalnya persoalan relasi dengan sesama teman, pemahaman sifat dan kemampuan diri, pembiasaan diri dengan lingkungan pendidikan dan masyarakat daerah mereka tinggal dan penyelesaia konflik.

c.    Bimbingan Karier
Merupakan bimbingan untuk membantu individu dalam perencanaan, pengembangan dan pemecahan masalah-masalah karier, menyerupai pemahaman terhadap jabatan dan tugas-tugas kerja, pemahaman kondisi dan kemampuan diri. pemecahan masalah-masalah karier yang dihadapi dan lain-lain.

d.    Bimbingan Keluarga
Merupakan upaya pemberian sumbangan kepada para individu sebagai pemimpin/anggota keluarga supaya mereka bisa membuat keluarga yang utuh dan harmonis, memberdayakan diri secara produktif, sanggup membuat dan mengikuti keadaan dengan norma keluarga, serta berperan aktif dalam mencapai kehidupan keluarga yang bahagia.

Belum ada Komentar untuk "✔ Bidang-Bidang Bimbingan Dan Konseling"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel