✔ Imbas Penerapan Analisis Swot Pada Acara Ekstra Kurikuler

Dampak Penerapan Analisis SWOT  - .  Sekarang ini kenyataan di lapangan memang mengatakan bahwa kegiatan ekstra kurikuler menerima proporsi yang tidak seimbang, kurang menerima perhatian, bahkan cenderung disepelekan. Perhatian sekolah-sekolah juga masih kurang serius, hal ini terlihat dari kurangnya santunan yang memadai baik dari segi dana, perencanaan, dan pelaksanaan, serta kiprahnya sebagai bab dari penilaian keberhasilan siswa. Padahal dikalangan siswa, banyak proses aktualisasi potensi siswa yang terjadi melalui kegiatan ekstra kurikuler. Misalnya aktualisasi wacana kepemimpinan, kesenian, olahraga, kepekaan sosial, nilai religius, dan sebagainya sering muncul saat ekstra kurikuler.

Keberhasilan sekolah yaitu keberhasilan kepala sekolah, beberapa diantara kepala sekolah dilukiskan sebagai orang yang mempunyai cita-cita tinggi bagi para staf dan para siswa, kepala sekolah yaitu mereka yang banyak mengetahui tugas-tugas mereka dan mereka yang memilih irama bagi sekolah mereka (Lipham, 1960: 1).

Jika dilihat secara mendalam, maka ada beberapa manfaat mengikuti ekstra kurikuler. Pertama, sanggup mengakomodasi keragaman kecerdasan dan potensi siswa. Kedua, lebih mendekatkan pendidikan pada dunia ril. Ketiga, mempunyai fleksibilitas yang tinggi dari segi aktivitas dan kurikulum. Keempat, pendidikan dilaksanakan secara menarik dan menyenangkan. Perlu diluruskan lagi bahwa kecerdasan insan tidak hanya dilihat dari kecerdasan intelektual (IQ) saja, tetapi juga dilihat kecerdasan emosionalnya (EQ), kecerdasan kreativitasnya (CQ), dan kecerdasan religiusnya (RQ). Keberagaman kecerdasan ini sangat mungkin tidak terakomodasi selama proses pembelajaran. Sekolah hanya mengutamakan pencapaian logical dan mathematical intelegence. Padahal potensi anak beragam. Dengan demikian pemahaman dan pengelolaan ekstra kurikuler yang baik akan membentuk siswa yang kreatif, inovatif, dan beradab sangat diperlukan.

Dampak penerapan analisis SWOT terhadap perencanaan kegiatan ekstra kurikuler sanggup dilihat dengan terang bahwa dengan analisis SWOT  kegiatan ekstra kurikuler terkonsep atau bersiklus dengan baik, dimana kekuatan, kelemahan, peluang, serta bahaya sanggup diterawang. Tentu saja jikalau dikelola dengan baik kegiatan ekstra kurikuler akan membawa efek positif baik terhadap siswa maupun terhadap sekolah hal ini sesuai dengan kriteria sekolah unggulan yaitu sekolah yang mempunyai prestasi dibidang akademik dan non akademik. Prestasi diperoleh melalui kegiatan akademik menyerupai nilai mata pelajaran diantaranya keberhasilan di dalam mengkuti ujian tamat nasional. Sedangkan prestasi non akademik diperoleh melalui kegiatan ekstra kurikuler.

Belum ada Komentar untuk "✔ Imbas Penerapan Analisis Swot Pada Acara Ekstra Kurikuler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel