✔ 9 Layanan Bimbingan Konseling

9 Layanan Bimbingan Konseling - .  Drs. Tohirin, M. Pd. Dalam bukunya yang berjudul bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah mengemukakan bahwa jenis-jenis pelayanan bimbingan konseling di sekolah dibagi menjadi 9, yaitu layanan orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran, penguasaan konten, konseling perorangan, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konsultasi serta layanan mediasi".  Adapun untuk lebih jelasnya, jenis-jenis layanan tersebut sanggup dijabarkan sebagai berikut:

1.    Layanan orientasi
Layanan orientasi yakni layanan terhadap siswa di sekolah yang berkenaan dengan tatapan ke depan ke arah dan wacana sesuatu yang baru. Layanan ini bertujuan untuk membantu individu biar bisa mengikuti keadaan tehadap lingkungan atau situasi yang gres serta mengantarkan  individu untuk memasuki suasana atau lingkungan baru

2.    Layanan informasi
Layanan isu merupakan suatu layanan yang berupaya memenuhi kekurangan individu (siswa) akan isu yang mereka perlukan. Tujuan dari layanan ini yakni biar siswa mengetahui isu yang selanjutnya dimanfaatkan untuk keperluan hidupnya sehari-hari dan perkembangan dirinya.  Layanan ini juga sanggup dipakai untuk mencegah timbulnya masalah, pemecahan masalah, untuk memelihara dan membuatkan potensi individu serta memungkinkan individu (peserta layanan) yang bersangkutan membuka diri dalam mengaktualisasikan hak-haknya.

3.    Layanan penempatan  dan penyaluran
Layanan penempatan yakni usaha-usaha membantu siswa merencanakan masa depannya selama masih di sekolah dan setelah tamat, menentukan agenda studi lanjutan sebagai persiapan untuk kelak memangku jabatan  tertentu.  Layanan  ini bertujuan  agar  siswa bisa menempatkan dirinya dalam agenda studi akademik dan lingkup acara non akademik yang menunjang perkembangannya serta semakin merealisasikan planning masa depan. Selain itu layanan ini juga bertujuan biar siswa memperoleh kawasan yang sesuai untuk membuatkan potensi dirinya.

4.  Layanan penguasaan konten
Layanan penguasaan konten merupakan suatu layanan derma kepada individu (siswa) baik sendiri maupun kelompok untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui acara belajar. Tujuannya yakni biar siswa menguasai aspek-aspek konten (kemampuan atau kompetensi) tertentu secara integrasi yang mempunyai kegunaan untuk menambah wawasan dan pemahaman, mengarahkan evaluasi dan sikap, menguasai cara-cara tertentu, dalam rangka memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalah-masalahnya.

5.  Layanan konseling perorangan
Layanan konseling perorangan yakni layanan konseling yang dilaksanakan oleh seorang pembimbing (konselor) terhadap seorang klien dalam iangka pengentasan duduk kasus langsung klien. Tujuan dari layanan ini yakni biar klien memahami kondisi dirinya sendiri, lingkungannya, permasalahnn yang dialami, kekuatan dan kelemahan dirinya sehingga klien bisa mengatasinya.

6.  Layanan bimbingan kelompok
Merupakan suatu cara memperlihatkan derma (bimbingan) kepada individu (siswa) melalui acara kelompok. Tujuannya yakni untuk pengembangan kemampuan bersosialisasi, khususnya kemampuan berkomunikasi penerima layanan (siawa). Secara khusus layanan ini bertujuan untuk mendorong pengembangan perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan perilaku yang menunjang perwujudan tingkah laris yang lebih efektif, yakni peningkatan kemampuan berkomunikasi baik mulut maupun nonverbal para siswa.

7.  Layanan konseling kelompok
Layanan konseling kelompok yakni suatu upaya pembimbing atau konselor membantu memecahkan masalah-masalah langsung yang dialami oleh masing-masing anggota kelompok melalui acara kelompok biar tercapai perkembangan yang optimal. Tujuannya yakni biar berkembangnya kemampuan sosialisasi siswa, khususnya kemampuan berkomunikasi siswa.

8.  Layanan konsultasi
Merupakan   layanan  koseling yang dilaksanakan oleh  konselor (pembimbing) terhadap seorang konsulti yang memungkinkan dirinya memperoleh wawasan, pemahaman dan cara-cara yang  perlu dilaksanakannya   dalam   menangani   kondisi    atau  permasalahan   pihalk  ketiga.  Bertujuan biar klien (siswa) dengan kemampuannya sendiri sanggup menangani kondisi atau permasalahan yang dialami oleh pihak ketiga. Pihak ketiga yakni orang yang mempunyai kekerabatan baik dengan kosulti, sehigga permasalahan yang dialami oleh pihak ketiga setidak-tidaknya sebahagian menjadi tanggung jawab konsulti.

9. Layanan mediasi
Merupakan layanan konseling yang dilaksanakan konselor terhadap dua pihak atau lebih yang sedang dalam keadaan saling tidak menemukan kecocokan. Layanan ini bertujuan biar tercapai kekerabatan yang positif dan aman diantara para klien atau pihak-pihak yang bertikai atau bermusuhan.

Belum ada Komentar untuk "✔ 9 Layanan Bimbingan Konseling"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel