✔ Pengertian Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan - . Dikutip dari buku Husaini Usman perihal pengertian kepemimpinan sbb:
Begitu banyaknya definisi yang telah dikemukakan oleh para andal dan peneliti mengenai kepemimpinan. Seperti yang disampaikan Usman, (2011: 279) “Terdapat 3000 lebih penelitian dan definisi kepemimpinan yang telah diciptakan insan (Bass & Stogdill, 1990)”.

Definisi kepemimpinan berdasarkan Stogdill (Usman, 2011: 279) ialah (1) fokus dari proses kelompok, (2) penerimaan kepribadian seseorang, (3) seni menghipnotis perilaku, (4) alat untuk menghipnotis perilaku, (5) suatu tindakan perilaku, (6) bentuk dari fatwa (persuasi), (7) bentuk dari korelasi yang kuat, (8) alat untuk mencapai tujuan, (9) tanggapan dari interaksi, (10) peranan yang diferensial, dan (11) pembuat struktur.

Menurut Yukl (Usman, 2011: 279-280), beberapa definisi yang dianggap cukup mewakili selama seperempat era yakni sebagai berikut :
  1. Kepemimpinan yakni sikap dari seorang individu yang memimpin aktivitas-aktivitas suatu kelompok ke suatu tujuan yang ingin dicapai bersama (shared goal).
  2. Kepemimpinan yakni dampak antar pribadi yang dijalankan dalam suatu situasi tertentu, serta diarahkan melalui proses komunikasi ke arah pencapaian satu atau beberapa tujuan tertentu.
  3. Kepemimpinan yakni pembentukan awal serta pemeliharaan struktur dalam harapan dan interaksi.
  4. Kepemimpinan yakni peningkatan dampak sedikit demi sedikit, pada dan berada di atas kepatuhan mekanis terhadap pengarahan-pengarahan rutin organisasi.
  5. Kepemimpinan yakni proses menghipnotis aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan.
  6. Kepemimpinan yakni sebuah proses memperlihatkan arti (pengarahan yang berarti) terhadap perjuangan kolektif, dan yang mengakibatkan kesediaan untuk melaksanakan perjuangan yang diinginkan untuk mencapai sasaran.
  7. Para pemimpinan yakni mereka yang secara konsisten memperlihatkan bantuan yang efektif terhadap orde sosial, serta yang dibutuhkan dan dipersepsikan melakukannya.
Baca Juga: Tugas-tugas Kepemimpinan

Kepemimpinan berdasarkan Surat Keputusan Badan Administrasi Kepegawaian Negara No. 27/KEP/1972 ialah kegiatan untuk meyakinkan orang lainsehingga sanggup dibawa turut serta dalam suatu pekerjaan. Kepemimpinan berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara No. 02/SE/1980 ialah kemampuan seorang pegawai negeri sipil untuk meyakinkan orang lain sehingga sanggup dikerahkan secara optimal.

Terry & Rue (Usman, 2011: 280) menyatakan bahwa kepemimpinan korelasi yang ada dalam diri seorang pemimpin, menghipnotis orang lain untuk bekerja secara sadar dalam korelasi kiprah yang diinginkan.

Sanusi (Usman, 2011: 280) menyatakan bahwa kepemimpinan yakni penyatupaduan dari kemampuan, cita-cita, dan semangat kebangsaan dalam mengatur, mengendalikan, dan mengelola rumah tangga keluarga maupun organisasi atau rumah tangga negara. Ditambahkan pula oleh Sanusi (1985), kepemimpinan dalam arti substansi merunjuk pada suatu kenyataan di mana seseorang atau sistem memiliki kekuatan dan keberanian dalam menyatakan kemampuan mental, organisasional, fisik, yang lebih besar dari rata-rata umumnya, yang antara lain didukung oleh unsur-unsur penting sebagai ways and means.

Kepemimpinan berdasarkan Yaverbaum & Sherman (Usman, 2011: 281), “Leadership is act of gaining cooperation from people in order to accomplish something” (Kepemimpinan yakni tindakan mendapat kolaborasi dari orang untuk mencapai sesuatu)”.

Kepemimpinan berdasarkan Bush (Usman, 2011: 281), “I mean influencing others actions in achieving desirable ends” (Yang saya maksud dengan kepemimpinan ialah menghipnotis tindakan orang lain untuk mencapai tujuan selesai yang diharapkan).

Dari aneka macam pengertian di atas maka sanggup diambil kesimpulan bahwa kepemimpinan merupakan proses pemimpin menghipnotis pengikut untuk a) menginterprestasikan keadaan (lingkungan organisasi), b) pemilih tujuan organisasi, c) pengorganisasian kerja dan memotivasi pengikut untuk mencapai tujuan organisasi, d) mempertahankan kerjasama dan tim kerja, e) mengorganisasi tunjangan dan kerjasama dari luar organisasi. ...1)

Dikutip dari blog https://ekoif.weebly.com/ pengertian kepemimpian sbb:
Kepemimpinan berasal dari kata pimpin yang memuat dua hal pokok yaitu: pemimpin sebagai subjek dan yang dipimpin sebagai objek. Kata pimpin mengandung pengertian mengarahkan, membina atau mengatur, menuntun dan juga memperlihatkan ataupun mempengaruhi. Pemimpin memiliki tanggung jawab baik secara fisik maupun spiritual terhadap keberhasilan acara kerja dari yang dipimpin, sehingga menjadi pemimpin itu tidak gampang dan tidak akan setiap orang memiliki kesamaan di dalam menjalankan ke-pemimpinannya.
Kepemimpinan hanya sanggup dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin yakni seseorang yang memiliki keahlian memimpin, memiliki kemampuan menghipnotis pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin yakni seseorang yang aktif menciptakan rencana-rencana, mengkoordinasi, melaksanakan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama. Namun ada beberapa pengertian kepemimpinan, antara lain:
Kepemimpinan yakni dampak antar pribadi, dalam situasi tertentu dan pribadi melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu (Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961, 24).
Kepemimpinan yakni sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan acara untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957, 7).
Kepemimpinan yakni suatu proses yang menghipnotis aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (Rauch & Behling, 1984, 46).
Kepemimpinan yakni kemampuan seni atau tehnik untuk menciptakan sebuah kelompok atau orang mengikuti dan menaati segala keinginannya.
Kepemimpinan yakni suatu proses yang memberi arti (penuh arti kepemimpinan) pada kerjasama dan dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan (Jacobs & Jacques, 1990, 281). ..2)

Pustaka:
1) Usman, Husaini.  2011.  Manajemen : Teori, Praktek dan Riset Pendidikan.  Yogyakarta: Bumi Aksara.  Edisi Ketiga.

2) https://ekoif.weebly.com/teori-kepemimpinan.html

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Kepemimpinan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel