✔ Rintisan Edward L. Thorndike

 yang merupakan hasil studi perihal pembelajaran binatang dan karya ✔ Rintisan Edward L. Thorndike
Rintisan Edward L. Thorndike - . Hukum efek (law of effect) dari Thorndike, yang merupakan hasil studi perihal pembelajaran binatang dan karya-karya penelitian kuantitatifnya, semua memberi bantuan pada perkembangan behaviorisme (Karier, 1986).  Edward L. Thorndike, seorang mahasiswa dari William James (yang memperkenalkan pragmatisme), pada awal Abad ke-20 menuntaskan disertasinya dengan judul "Animal Intelligence: An Experimental Study of Assosiative Processes in Animal".  Karya ini cepat sekali diakui sebagai landmark dari psikologi eksperimental.

Thorndike juga dikenal sebagai seorang evolusionis.  Dari hasil studi kecerdasan binatang, Thorndike menampilkan teori koneksionisme.  Menurut Thorndike, pada semua species  hewan, "termasuk manusia", suatu koneksi neurobiologis yang merupakan aplikasi stimulus tertentu, cenderung membangkitkan adanya respon (hubungan S-R).  Koneksi-koneksi tersebut diberi label "hukum latihan (law exercise)" dan "hukum pengaruh".  Hukum latihan mensiratkan bahwa pengulangan sanggup memperkuat koneksi, dan aturan efek menyatakan bahwa penhargaan (rewards) juga sanggup memperkuat koneksi, sedangkan eksekusi (punishment) sanggup melemahkan koneksi tersebut. Thorndike merintis teori penguat, yang lalu dikembangkan oleh Watson dan Skinner lebih dalam lagi.

Sumber:
Sohandji, Ahmad.  2012. Manusia, Teknologi, Dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru.  Malang: Universitas Negeri Malang. (hal. 20)

Belum ada Komentar untuk "✔ Rintisan Edward L. Thorndike"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel