✔ Peranan Siswa (Si-Belajar) Dalam Proses Berguru Pada Teori Konstruktivistik

 mencar ilmu merupakan suatu proses pembentukan pengetahuan ✔ Peranan Siswa (Si-Belajar) Dalam Proses Belajar pada Teori Konstruktivistik
Menurut pandangan konstruktivistik, mencar ilmu merupakan suatu proses pembentukan pengetahuan.  Pembentukan ini harus dilakukan oleh si belajar. Ia harus aktif melaksanakan kegiatan, aktif berfikir, menyusun konsep dan memberi makna wacana hal-hal yang sedang dipelajari. Guru memang sanggup dan harus mengambil prakarsa untuk menata lingkungan yang memberi peluang optimal bagi terjadinya belajar. Namun yang alhasil paling memilih terwujudnya tanda-tanda mencar ilmu yaitu niat mencar ilmu siswa sendiri. Dengan istilah lain, sanggup dikatakan bahwa hakekatnya kendali mencar ilmu sepenuhnya ada pada siswa.
Paradigma konstruktivistik memandang siswa sebagai langsung yang sudah mempunyai kemampuan awal sebelum mempelajari sesuatu. Kemampuan awal tersebut akan menjadi dasar dalam mengkonstruksi pengetahuan yang baru. Oleh alasannya yaitu itu meskipun kemampuan awal tersebut masih sangat sederhana atau tidak sesuai dengan pendapat guru, sebaiknya diterima dan dijadikan dasar pembelajaran dan pembimbingan.

Sumber:
DR. C. Asri Budiningsih, 2005. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. Hal. 58-59

Belum ada Komentar untuk "✔ Peranan Siswa (Si-Belajar) Dalam Proses Berguru Pada Teori Konstruktivistik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel