✔ Pembelajaran Sosial Vygotsky

an memperkenalkan teori pembelajaran sosial ✔ Pembelajaran Sosial Vygotsky
Pembelajaran Sosial Vygotsky - .  Lev Vygotsky, seorang psikologi Rusia, pada awal masa 20-an memperkenalkan teori pembelajaran sosial, khususnya yang berkaitan dengan konteks sosial.  Vygotsky memadang bahwa interaksi sosial yakni aspek dasar dari keberhasilan pertumbuhan kognitif dan intelektual seseorang.  Dalam hal ini, obrolan dan interaksi lain antara pebelajar dan orang lain harus ditekankan untuk mencapai keberhasilannya.

Menurut Vygotsky, perkembangan budaya (cultural development) seorang muncul dua kali, pertama pada tingkat sosial yaitu interaksi antara seseorang dengan orang lain, dan kedua pada tingkat individual yang terjadi dalam diri seseorang itu sendiri.  Kedua proses ini terjadi pada perhatian sukarela, memori logis, dan gugusan konsep-konsep.  Dengan demikian, semua fungsibtingkat lebih tinggi merupakan hubungan faktual antar individu.

Gagasan penting lainnya dari Vygotsky yakni bahwa potensi perkembangan kognitif dan pembelajaran seseorang tergantung dari transisi lintas ZPD (zone of potential development).  ZPD yakni zona pemahaman atau perkembangan kognitif yang dekat, sesudah itu ke tingkat pemahaman selanjutnya pada diri pebelajar.  Apabila seorang pebelajar sudah mengalami kemajuan, mereka harus dibantu untuk bergerak menuju zona ini dan kemudian sesudah itu ke tingkat yang gres yang lebih tinggi.  Dalam pandangan Vygotsky, ZPD yakni tingkat perkembangan potensial yang ditentukan melalui pemecahan masalah, di bawah bimbingan atau kerjasama dengan orang remaja dan dengan teman sejawat yang mempunyai kemampuan.

Sumber:
Sohandji, Ahmad.  2012. Manusia, Teknologi, Dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru.  Malang: Universitas Negeri Malang. (hal. 23-24).

Belum ada Komentar untuk "✔ Pembelajaran Sosial Vygotsky"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel