✔ Tinjauan Teori Perkembangan Anak

Tinjauan Teori Perkembangan Anak - . Tahap perkembangan anak menurut usia secara teoritis terbagi dalam 3 (tiga) periode perkembangan sebagai berikut:
 Tahap perkembangan anak menurut usia secara teoritis terbagi dalam  ✔ Tinjauan Teori Perkembangan Anak

  1. Periode Prenatal, ialah masa perkembangan yang terjadi dalam rahim ibu (mulai pembuahan sampai kelahiran): +/- 270-280 hari / 9 bulan.
  2. Masa Bayi, yang terbagi atas: (1) Masa Neonatal (0-2 minggu); (2) Masa bayi (2 ahad - 2 tahun).
  3. Masa Anak-Anak (2-12 tahun), yang terbagi atas dua sub-periode, yaitu: (1) Masa Prasekolah (2-6 tahun);(2) Masa Sekolah Dasar (6-10 tahun).
 Pada dasarnya setiap tahap perkembangan anak dipengaruhi oleh 2 (dua) faktor utama, yaitu:
  1. Faktor bawaan (herediter). Merupakan suatu kondisi yang telah ada semenjak lahir ibarat potensi kecerdasan, bakat, minat dan kecenderungan atau sifat yang diturunkan dari orang tua.
  2. Faktor perngalaman (lingkungan). Merupakan suatu kondisi yang dialami anak sepanjang kehidupannya baik di rumah, sekolah maupun lingkungan pergaulan di luar rumah. Setiap anak berbagi teladan prilaku yang unit sesuai dengan pengalamannya yang berbeda-beda dalam pemenuhan dan perkembangan kebutuhannya.
Hurlock (1978) menjelaskan bahwa aspek tumbuh kembang anak terdapat pada 5 (lima) proses perkembangan, antara lain:
  1. Psikomotorik, lebih pada kesehatan fisik, kekuatan motorik, kemampuan merawat diri, kemandirian, dan rasa kompetensi.
  2. Kognitif - Intelektual, lebih terdapat pada kreativitas, penalaran, perkembangan bahasa, pengetahuan dasar umum, dan pengenalan lingkungan hidup.
  3. Emosi, lebih kepada pengenalan diri, ketekunan dan antusiasme pada kegiatan.
  4. Sosial, lebih kepada ketertiban, disiplin kegiatan, kerjasama dan latihan "aturan main" sosial (misal: sikap anti, kompromi, dan tenggang rasa).
  5. Moral, lebih kepada sikap benar dan salah (etika) dan sikap baik atau jelek (etiket).
Baca juga perihal TEORI PIAGET tentang:Teori Tahap-Tahap Perkembangan Kognitif (klik disini) dan Karakteristik Perkembangan Anak Usia Kelas Awal (klik disini).

Diresume dari :
Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.  Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal.13-14.

Belum ada Komentar untuk "✔ Tinjauan Teori Perkembangan Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel