✔ Teori Tahap Perkembangan Piaget

Teori Tahap Perkembangan Piaget - .  Jean Piaget menyebarkan teori tahap perkembangan (stage developmental theory), yang menyatakan bahwa kemampuan intelektual anak dan dewasa berkembang berdasarkan tahap-tahap: sensorimotor, praoperasioanl, operasional nyata, dan operasional formal.  Pada tahap sensorimotor, berlangsung mulai lahir hingga dengan umur 2 tahun, anak peduli dengan mendapatkan kendali gerak dan berguru perihal objek-objek fisik.  Selanjutnya, pada tahap praoperasional, umur 2-7 tahun, anak mulai mempunyai keterampilan verbal; dalam masa ini anak mulai sudah menyebutkan nama-nama objek dan berpikir intuitif.  Pada tahap operasional nyata, dari umur 7 hingga dengan 12 tahun, anak mulai memahami konsep-konsep abstrak.  Akhirnya, pada tahap operasional formal, umur 12-15 tahun, anak mulai berpikir logis dan sistematis.

 Jean Piaget menyebarkan teori tahap perkembangan  ✔ Teori Tahap Perkembangan Piaget
Piaget menurunkan teori tahap perkembangan ini dari teori epistemologi genetik (genetic epistemology), yang terdiri dari tiga proses esensial: asimilasi, akomodasi, dan keseimbangan (Pritchard & Woodall, 2010).  Asimilasi (Assimilation) adalah pengumpulan dan pengklasifikasian gosip gres yang berkaitan dengan apa yang diketahui oleh seseorang dan dihubungkan dengan pengetahuan lain dengan tema tertentu.  Akomodasi (Accommodation) ialah alternasi tema untuk mendapatkan gosip gres dan kontradiksi.  Sedangkan keseimbangan (equilibrium) merupakan keadaan yang tidak terdapat pertentangan pada perkembangan mental seseorang terhadap lingkungannya.  Sebenarnya, keseimbangan ini ialah perpaduan antara proses asimilasi dan akomodasi.


Sumber:
Sohandji, Ahmad.  2012. Manusia, Teknologi, Dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru.  Malang: Universitas Negeri Malang. (hal. 22-23).

Belum ada Komentar untuk "✔ Teori Tahap Perkembangan Piaget"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel