✔ Langkah-Langkah Pembelajaran Behavioristik

Secara umum, langkah-lagkah pembelajaran yang berpijak pada teori behavioristik yang dikemukakan oleh Siciati dan Prasetya Irawan (2001) sanggup dipakai dalam merancang pembelajaran.  Langkah-langkah tersebut melliputi :
  1.  Menentukan tujuan-tujuan pembelajaran.
  2. Menganalisis lingkungan kelas yang ada ketika ini termasuk mengidentifikasi pengetahuan awal (entry behavior) siswa.
  3. Menentukan bahan pelajaran.
  4. Memecah bahan pelajaran menjadi bab kecil-kecil, mencakup pokok bahasan, sub pokok bahasan, topik, dsb.
  5. Menyajikan bahan pelajaran.
  6. Memberikan stimulus, sanggup berupa : pertanyaan baik mulut maupun tertulis, tes/kuis, latihan, atau tugas-tugas.
  7. Mengamati dan mengkaji respons yang diberikan siswa.
  8. Memberikan penguatan/reinforcement (mungkin penguatan faktual ataupun penguatan negatif), ataupun hukuman.
  9. Memberikan stimulus baru.
  10. Mengamati dan mengkaji respons yang diberikan siswa.
  11. Memberikan penguatan lanjutan atau hukuman.
  12. Demikianseterusnya.
  13. Evaluasi hasil belajar.
Postingan ini yaitu bab dari bahasan yang berjudul : "Aplikasi Teori Behavioristik dalam Kegiatan Pembelajaran".

Pustaka : DR. C. Asri Budiningsih, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. Hal. 29-30

Belum ada Komentar untuk "✔ Langkah-Langkah Pembelajaran Behavioristik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel