✔ Pengertian Mencar Ilmu Berdasarkan Teori Kognitif

Teori mencar ilmu Kognitif berbeda dengan teori mencar ilmu Behavioristik.  Teori mencar ilmu kognitif lebih mementingkan proses mencar ilmu dari pada hasil belajarnya.  Para penganut aliran kognitif menyampaikan bahwa mencar ilmu tidak sekedar melibatkan korelasi antara stimulus dan respon.  Tidak menyerupai model mencar ilmu behavioristik yang mempelajari proses mencar ilmu hanya sebagai korelasi stimulus-respon, model mencar ilmu kognitif merupakan suatu bentuk teori mencar ilmu yang sering disebut sebagai model perseptual.  Model mencar ilmu kognitif menyampaikan bahwa tingkah laris seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya wacana situasiyang berafiliasi dengan tujuan belajarnya.  Belajar merupakan perubahan persepsi dan pemahaman yang tidak selalu sanggup terlihat sebagai tingkah laris yang nampak.
Teori kognitif juga menekankan bahwa bagian-bagian dari suatu situasi saling berafiliasi dengan konteks situasi tersebut.  Memisah-misahkan atau membagi-bagi situasi/materi pelajaran menjadi komponen-komponen yang kecil-kecil dan mempelajarinya secara terpisah-pisah, akan kehilangan makna.  Teori ini berpandangan bahwabelajar merupakan suatu proses internal yang meliputi ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi dan aspek-aspek kejiwaan lainnya.  Belajar merupakan aktifitas yang melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks.  Proses mencar ilmu terjadi antara lain meliputi pengaturan stimulus yang diterima dan menyesuaikannya dengan struktur kognitif yang sudah dimiliki dan terbentuk di dalam pikiran seseorang berdasarkan pemahaman dan pengalaman-pengalaman sebelumnya.

Dalam praktek pembelajaran, teori kognitif antara lain tampak dalam rumusan-rumusan menyerupai : "Tahap-tahap perkembangan" yang dikemukakan oleh tersebut J. Piaget, Advance organizer oleh Ausubel, Pemahaman konsep oleh Bruner, Hirarki mencar ilmu oleh Gagne, Webteaching oleh Norman, dan sebagainya.

Pustaka : DR. C. Asri Budiningsih, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. Hal. 34

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Mencar Ilmu Berdasarkan Teori Kognitif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel