✔ Teori Berguru Berdasarkan Skinner

Konsep yang dikemukakan oleh Skinner perihal mencar ilmu bisa mengungguli konsep-konsep lain yang dikemukakan oleh para tokoh sebelumnya.  Ia bisa menjelaskan konsep mencar ilmu secara sederhana, namun sanggup mengambarkan konsepnya perihal mencar ilmu secara lebih komprehensif.

Menurut Skinner, relasi antara stimulus dan respon yang terjadi melalui interaksi dalam lingkungannya, yang kemudian akan menjadikan perubahan tingkah laku, tidaklah sesederhana yang digambarkan oleh para tokoh sebelumnya.  Dikatakan bahwa respon yang dinerikan oleh seseorang/siswa tidaklah sesederhana itu.  Sebab, intinya stimulus-stimulus yang diberikan kepada seseorang akan saling berinteraksi dan interaksi antara stimulus-stimulus tersebut akan mempengaruhi bentuk respon yang akan diberikan.  Demikian juga dengan respon yang dimunculkan inipun akan memiliki konsekuensi-konsekuensi.   Konsekuensi-konsekuensi inilah yang pada gilirannya akan mempengaruhi atau menjadi pertimbangan munculnya perilaku.  Oleh alasannya yakni itu, untuk memahami tingkah laris seorang secara benar, perlu terlebih dahulu memahami relasi antara stimulus satu dengan lainnya, serta memahami respon yang mungkin dimunculkan dan banyak sekali konsukuensi yang mungkin akan timbul akhir dari respon tersebut.  Skinner juga menggemukakan bahwa dengan memakai perubahan-perubahan mental sebagai alat untuk menjelaskan tingkah laris hanya akan menambah rumitnya masalah.  Sebab, setiap alat yang digunakanperlu klarifikasi lagi, demikian dan seterusnya.

Pandangan teori mencar ilmu behavioristik ini cukup usang dianut oleh para gru dan pendidik.  Namun dari semua pendukung teori ini, teori Skinnerlah yang paling besar pengaruhnya terhadap perkembangan teori mencar ilmu behavioristik.  Program-program pembelajaran yang ibarat Teaching Machine, Pembelajaran berprogram, modul, dan kegiatan pembelajaran lain yang berpijak pada konsep relasi stimulus-respon serta mementingkan faktor-faktor penguat (reinforcement), merupakan program-program pembelajaran yang menerapkan teori mencar ilmu yang dikemukakan oleh Skinner.

Pustaka : DR. C. Asri Budiningsih, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. Hal. 23-24

Belum ada Komentar untuk "✔ Teori Berguru Berdasarkan Skinner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel