✔ Aplikasi Teori Kognitif Dalam Acara Pembelajaran

Hakekat berguru berdasarkan teori kognitif dijelaskan sebagai suatu aktifitas berguru yang berkaitan dengan penataan informasi, reorganisasi perseptual, dan proses internal. Kegiatan pembelajaran yang berpijak pada teori berguru kognitif ini sudah banyak digunakan. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, membuatkan seni administrasi dan tujuan pembelajaran, tidak lagi mekanistik sebagaimana dilakukan dalam pendekatan behavioristik. Kebebasan dan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses berguru amat diperhitungkan, semoga berguru lebih bermakna bagi siswa. Sedangkan aktivitas pembelajarannya mengikuti prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Siswa bukan sebagai orang cukup umur yang gampang dalam proses berpikirnya. Mereka mengalami perkembangan kognitif melalui tahap-tahap tertentu.
  2. Anak usia pra sekolah dan awal sekolah dasar akan sanggup berguru dengan baik, terutama bila memakai benda-benda kongkrit.
  3. Keterlibatan siswa secara aktif dalam berguru amat dipentingkan, alasannya yaitu dengan hanya mengaktifkan siswa maka proses asimilasi dan fasilitas pengetahuan dan pengalaman sanggup terjadi dengan baik.
  4. Untuk menarik minat dan meningkatkan retensi berguru perlu mengkaitkan pengalaman atau informasi gres dengan setruktur kognitif yang telah dimiliki si belajar.
  5. Pemahaman dan retensi akan meningkat bila bahan pelajaran disusun dengan memakai contoh atau logika tertentu, dari sederhana ke kompleks.
  6. Belajar memahami akan lebih bermaknsa daripada berguru menghafal. Agar bermakna, informasi gres harus diubahsuaikan dandihubungkan dengan pengetahuan yang telahdimiliki siswa. Tugas guru yaitu mengatakan korelasi antara apa yang sedang dipelajari dengan apa yang telah diketahui siswa.
  7. Adanya perbedaan individual pada diri siswa perlu diperhatikan, alasannya yaitu faktor ini sangat mempengaruhi keberhasilan belajra siswa. Perbedaan tersebut contohnya pada motivasi, persepsi, kemampuan berpikir, pengetahuan awal, dan sebagainya.
Pustaka : DR. C. Asri Budiningsih, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. Hal. 48-49

Belum ada Komentar untuk "✔ Aplikasi Teori Kognitif Dalam Acara Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel