✔ Karya B.F. Skinner

Karya B.F. Skinner - .  Posisi Skinner, yang dikenal dengan sebutan behaviorisme radikal atau behaviorisme dasar, ibarat dengan pandangan Watson bahwa psikologi ialah studi perihal sikap insan yang sanggup diamati, sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya.  Namun demikian, Skinner tidak sependapat dengan Watson bahwa proses dalam (inner process) ibarat perasaan, harus dikeluarkan dari studi.  Ia mempertahankan pendapat bahwa proses dalam harus dipelajari dengan metode ilmiah, dengan aksentuasi pada eksperimen yang terkendali, memakai hewan dan manusia.

 yang dikenal dengan sebutan behaviorisme radikal atau behaviorisme dasar ✔ Karya B.F. Skinner
Penelitian Skinner terhadap hewan yang memfokuskan pada jenis pembelajaran-dikenal sebagai pengkondisian operan (operant conditioning)-yang terjadi sebagai konsekuensi dari stimulus, menunjukkan bahwa sikap yang kompleks ibarat bahasa dan pemecahan problem sanggup dipelajari secara ilmiah.  Ia memperkenalkan satu jenis pengkondisian psikologis, yang dikenal sebagai penguat (reinforcement).  kata "operan" dipakai alasannya subjek "beroperasi" dalam lingkungan yang menghasilkan.  Pengkondisian operan sanggup didefinisikan sebagai penguatan terhadap asosiasi stimulus-respon dengan mengikuti respon dengan stimulus penguat.

Salah satu karya B.F. Skinner ialah "Beyond Freedom and Dignity".  Menurut Skinner (1980), hampir semua makhluk hidup bertindak untuk membebaskan dirinya dari kontak-kontak yang membahayakan.  Kebebasan (Freedom) yang demikian sanggup dicapai dengan bentuk sikap yang secara relatif sederhana, yang disebut refleks.   Dengan cara lain, insan juga sanggup menghindari stimulus yang membahayakan.  Hal ini tidak terjadi dalam bentuk refleks yang terkondisi, tetapi sebagai produk dari suatu proses yang berbeda, yang dinamakan pengkondisian operan.  Selanjutnya, Skinner (1980) mengingatkan bahwa sikap insan yang diakibatkan oleh keadaan eksternal sanggup mengancam martabat (dignity) atau nilai insan yang bersangkutan.  Skinner cenderung tidak menghargai prestasi seseorang tanggapan dari suatu tekanan yang menimbulkan seseorang tanpa kendali.  Dengan perkataan lain, bahwa pandangan Skinner, insan tidak benar-benar bebas, artinya insan sanggup merespon suatu stimulus dalam batas-batas harkat dan martabatnya.

Sumber:
Sohandji, Ahmad.  2012. Manusia, Teknologi, Dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru.  Malang: Universitas Negeri Malang. (hal. 21-22).

Belum ada Komentar untuk "✔ Karya B.F. Skinner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel