✔ Explicit Instruction

 Pembelajaran eksklusif khusus dirancang untuk membuatkan berguru siswa wacana pengetah ✔ Explicit Instruction
A. Pengertian
Pembelajaran eksklusif khusus dirancang untuk membuatkan berguru siswa wacana pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang sanggup diajarkan dengan teladan selangkah demi selangkah.
Model Direct Intruction merupakan suatu pendekatan mengajar yang sanggup membantu siswa dalam mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh isu yang sanggup diajarkan selangkah demi selangkah. Pendekatan mengajar ini sering disebut Model Pengajaran Langsung (Kardi dan Nur,2000a :2). Arends (2001:264) juga menyampaikan hal yang sama yaitu :”A teaching model that is aimed at helping student learn basic skills and knowledge that can be taught in a step-by-step fashion. For our purposes here, the model is labeled the direct instruction model”. Apabila guru memakai model pengajaran eksklusif ini, guru memiliki tanggung jawab untuk mengudentifikasi tujuan pembelajaran dan tanggung jawab yang besar terhadap penstrukturan isi/materi atau keterampilan, menjelaskan kepada siswa, pemodelan/mendemonstrasikan yang dikombinasikan dengan latihan, menunjukkan kesempatan pada siswa untuk berlatih menerapkan konsep atau keterampilan yang telah dipelajari serta menunjukkan umpan balik.

Model pengajaran eksklusif ini dirancang khusus untuk menunjang proses berguru siswa yang berkaitan dengan pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik, yang sanggup diajarkan dengan teladan acara yang bertahap, selangkah demi selangkah. Hal yang sama dikemukakan oleh Arends (1997:66) bahwa: “The direct instruction model was specifically designed to promote student learning of procedural knowledge and declarative knowledge that is well structured and can be taught in a step-by-step fashion.”

Lebih lanjut Arends (2001:265) menyatakan bahwa: ”Direct instruction is a teacher-centered model that has five steps:establishing set, explanation and/or demonstration, guided practice, feedback, and extended practiceA direct instruction lesson requires careful orchestration by the teacher and a learning environment that businesslike and task-oriented.” Hal yang sama dikemukakan oleh Kardi dan Nur (2000a : 27), bahwa suatu pelajaran dengan model pengajaran eksklusif berjalan melalui lima fase: (1) klarifikasi wacana tujuan dan mempersiapkan siswa, (2) pemahaman/presentasi bahan didik yang akan diajarkan atau demonstrasi wacana keterampilan tertentu, (3) menunjukkan latihan terbimbing, (4) mengecek pemahaman dan menunjukkan umpan balik, (5) menunjukkan latiham mandiri.

B. Prinsip
Pembelajaran ini cocok untuk memberikan bahan yang sifatnya algoritma-prosedural, langkah demi langkah bertahap.
Pembelajaran eksklusif khusus dirancang untuk membuatkan berguru siswa wacana pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang sanggup diajarkan dengan teladan selangkah demi selangkah.
Langkah-langkah:
1.Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa.
2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan.
3. Membimbing pelatihan.
4. Mengecek pemahaman dan menunjukkan umpan balik.
5. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
Sintaknya adalah:
1. sajian isu kompetensi,
2. mendemontrasikan pengetahuan dan ketrampilan procedural,
3. membimbing pelatihan-penerapan,
4. mengecek pemahaman dan balikan,
5. penyimpulan dan evaluasi,
6. refleksi.
C. Kesimpulan
Model pembelajaran explicit instruction merupakan model pembelajaran secara eksklusif biar sisiwa sanggup memahami serta benar-benar mengetahui pengetahuan secara menyeluruh dan aktiv dalam suatu pembelajaran. Kaprikornus model pembelajaran ini sangat cocok diterapakan dikelas dalam bahan tertentu yang bersifat dalil pengetahuan biar proses berpikir siswa sanggup memiliki keterampilan procedural.

D. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
1. Siswa benar-benar sanggup menguasai pengetahuannya.
2. Semua siswa aktif / terlibat dalam pembelajaran.
Kekurangan:
1. Memerlukan waktu usang sehingga siswa yang tampil tidak begitu lama.
2. Untuk mata pelajaran tertentu.
Pustaka :
Ngalimun. 2012.  Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Scripta Cendekia.

Belum ada Komentar untuk "✔ Explicit Instruction"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel