✔ Ciri Khusus Model Pembelajaran #1

[Artikel ini klarifikasi no.1 dari artikel berjudul : 4 Ciri Khusus Model Pembelajaran dan Penjelasannya].

Penjelasan Ciri 2 tentang rasional teoritik logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya, yaitu:

Istilah model pembelajaran mencakup pendekatan suatu model pembelajaran yang luas dan menyeluruh.  Contohnya pada model pembelajaran menurut masalah, kelompok-kelompok kecil siswa bekerja sama memecahkan suatu persoalan yang telah disepakati oleh siswa dan guru.  Ketika guru sedang menerapkan model pembelajaran tersebut, seringkali siswa memakai majemuk keterampilan, mekanisme pemecahan persoalan dan berpikir kritis.  Model pembelajaran menurut persoalan dilandasi oleh teori mencar ilmu konstruktivis.  Pada model ini pembelajaran dimulai dengan menyajikan permasalahan kasatmata yang penyelesaiannya membutuhkan kerjasama diantara siswa-siswa.  Dalam model pembelajaran ini guru memandu siswa menguraikan rencana pemecahan persoalan menjadi tahap-tahap kegiatan; guru memberi tumpuan mengenai penggunaan keterampilan dan taktik yang diharapkan semoga tugas-tugas tersebut sanggup diselesaikan.  Guru membuat suasana kelas yang fleksibel dan berorientasi pada upaya penyelidikan oleh siswa.

Pustaka :
Trianto, M.Pd (2010).  Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.  Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal.75.

Belum ada Komentar untuk "✔ Ciri Khusus Model Pembelajaran #1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel