✔ Tahap Perkembangan Membaca Pada Anak

Membaca bisa diibaratkan membuka jendela dunia, alasannya yaitu dengan membaca sanggup memperluas pengetahuan kita. Membaca juga bisa meningkatkan kreativitas dan inajinasi seseorang dalam menemukan hal-hal gres yang bermanfaat bagi kehidupan. Orang bau tanah mempunyai tugas yang sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Peran orang bau tanah membacakan buku pada anak merupakan sebuah hal penting dalam pengasuhan, alasannya yaitu bisa mendekatkan kekerabatan antara orang bau tanah dan anak. Membacakan buku pada anak sanggup mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa semenjak dini.

Keluarga merupakan pendidik pertama dan utama. Pengaruh keluarga sangat besar lengan berkuasa dalam pembentukan kepribadian setiap manusia. Ayah dan ibu mempunyai bantuan penting dalam pengajaran bagi putra-putrinya. Berhasil dan tidaknya orang bau tanah dalam mendidik anak akan sangat bergantung pada kemampuan mengasuh yang dimilikinya.

Salah satu tugas orang bau tanah dalam menumbuhkan minat baca pada anak yaitu memamahi tahap perkembangan membaca. Dengan memahaminya,orang bau tanah akan tahu bagaimana referensi pembelajaran membaca serta media apa saja yang dibutuhkan anak.

Baca juga: Anak Pendiam di Sekolah, Tapi Aktif di Rumah

Tahapan perkembangan membaca pada anak antara lain:

  1. Anak mengakibatkan buku sebagai media mainan yang menyenangkan. Misalnya membawa buku kesana-kemari, ataupun membolak-balikan halaman buku.
  2. Anak mulai akal-akalan membaca buku dan memahami gambar.
  3. Anak mulai menyadari akan adanya goresan pena di dalam buku, dan mengenal huruf abjad.
  4. Anak mulai tertarik pada bacaan dalam buku, mengingat tulisan, dan berusaha membaca aneka macam tanda.
  5. Anak sudah sanggup membaca goresan pena dengan lancar tanpa perlu didampingi oleh orang dewasa.

Jika dicermati dari lima tahap di atas, ternyata orang bau tanah harus memperhatikan usia anak dalam mengajari membaca. Tidak bisa dipaksakan, contohnya saat ia masih menganggap buku itu mainan, sudah mulai dikenalkan dengan huruf. Jika hal ini dilakukan, justru yang didapat yaitu kebalikan dari apa yang dibutuhkan orang tua.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Demikian paparan singkat mengenai tahap perkembangan membaca anak. Semoga bermanfaat.
(Artikel ini dikembangkan dari buku “Menumbuhkan Minat Baca Anak” diterbitkan oleh Dirjen PAUD DIKMAS Kemdikbud RI 2018)

Belum ada Komentar untuk "✔ Tahap Perkembangan Membaca Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel