✔ Kumpulan Lambang / Logo Bidang Pendidikan

Logo atau lambang merupakan identitas yang dimiliki oleh suatu lembaga, organisasi atau instansi. Logo biasanya mempunyai makna yang mewakili ciri tertentu dari suatu organisasi. Setiap orang yang bekerja di bawah naungan suatu organisasi, tentu harus tahu bentuk logo juga arti dari bagian-bagiannya.

Tak terkecuali guru, siswa, dan warga pendidikan lainnya. Logo biasanya dibutuhkan untuk keperluan menciptakan kop surat, bendera/spanduk, dan lain-lain. Untuk keperluan tersebut, biasanya kita mencari yang berformat PNG (background transparan) semoga lebih gampang ditempatkan kawasan yang kita inginkan.

Langsung saja, artikel ini akan membagikan banyak sekali logo yang umum digunakan di dunia pendidikan. Bagi anda yang membutuhkan, silahkan klik goresan pena unduh logo di bawah gambar untuk mendapat logo berformat PNG dengan ukuran yang lebih besar.

1. Logo Tut Wuri Handayani

Logo tut wuri handayani atau logo Kemendikbud berbentuk segi lima. Bagian-bagiannya terdiri dari belencong menyala bermotif garuda, buku, dan teks (semboyan) tut wuri handayani. Warna-warna di dalam logo ini yaitu biru muda, putih dan kuning emas.
Unduh logo tut wuri handayani.png

2. Logo Kementerian Agama

Logo ini yaitu logo penting bagi lembaga-lembaga di bawah naungan Kementerian Agama. Berbentuk segi lima, berisi bintang bersudut lima, butiran padi dan kapas, kitab suci, bantalan kitab suci, kalimat “Ikhlas Beramal”, dan perisai. Warnanya yaitu hijau, putih, dan kuning emas.
Unduh logo tulus beramal.png

3. Logo OSIS SD, SMP, dan SMA

Perbedaan yang paling mencolok antara logo OSIS Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas yaitu warna dasarnya. Jika Sekolah Menengah Pertama berwarna dasar kuning, untuk Sekolah Menengan Atas berwarna dasar coklat. Sedangkan untuk SD, bekerjsama itu bukan logo OSIS, mengingat di SD belum diperkenalkan OSIS. Tetapi alasannya yaitu terpasang di badge siswa, banyak yang menyebut itu logo OSIS SD.
Unduh logo OSIS SD.png
Unduh logo OSIS SMP.png
Unduh logo OSIS SMA.png

4. Logo PGRI

PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) merupakan organisasi guru di tanah air. Logonya berbentuk cakra/lingkaran yang berisi: suluh bangun tegak bercorak 4 garis tegak dan datar, nyala api dengan 5 sinar warna merah, dan empat buku mengapit suluh. Warna-warna pada logo ini yaitu merah, putih, kuning dan hijau.
Unduh logo pgri.png

5. Logo IGI

IGI atau Ikatan Guru Indonesia juga merupakan salah satu organisasi profesi guru. Logo IGI berbentuk guru, murid, buku terbuka, lingkaran, dan goresan pena Ikatan Guru Indonesia. Warnanya terdiri dari biru tua, biru muda, dan putih.
Unduh logo igi.png

6. Logo HIMPAUDI

Himpaudi atau Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia mempunyai logo menyerupai di atas, yang berisi bendera merah putih berkibar, lompatan anak dan orang remaja memegang bendera, dan hati diantara anak dan orang dewasa. Warna-warnanya yaitu merah,putih, kuning emas, dan biru.
Unduh logo himpaudi.png

7. Logo PAUD

Logo PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berbentuk segi lima berisi gambar orang bau tanah menuntun anak, lingkaran di perut, tiga buku, dan kalimat Sehat, Cerdas, Ceria. Warnanya antara lain biru muda, kuning emas, hitam dan putih.
Unduh logo paud.png

8. Logo TK

Logo Taman Kanak-kanak berbentuk lingkaran di dalamnya mempunyai warna dasar biru, terdapat siswa putra dan putri, padi dan kapas, lalu Huruf T dan K yang merupakan kependekan Taman Kanak-kanak dan Bendera Merah Putih bab atas.
Unduh logo taman-kanak-kanak.png

9. Logo IGTKI

Unduh logo igtki.png

10. Logo IGRA

Unduh logo igra.png

11. Logo Dharma Wanita

Organisasi yang beranggotakan istri PNS ini mempunyai logo berbentuk lingkaran. Berisi gambar bunga melati, padi dan kapas, rantai, dan buku. Warna-warnanya yaitu merah, putih, kuning, dan hijau.
Unduh logo dharma wanita.png

12. Logo UKS

UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah mempunyai logo berbentuk segitiga sama sisi. Di dalamnya terdapat sebuah lingkaran yang berhimpit dengan sisi segitiga. Di dalam lingkaran ada goresan pena UKS yang ditulis secara vertikal dan mendatar dengan abjad K berada di tengah-tengah.
Unduh logo uks.png

13. Logo PMR

Logo PMR dibedakan antara PMR Mula (SD), PMR Madya (SMP), dan PMR Wira (SMA). Perbedaannya  terletak pada warna dasarnya. Untuk Mula berwarna hijau, Madya berwarna biru, dan Wira berwarna kuning.
Unduh logo pmr mula.png
Unduh logo pmr madya.png
Unduh logo pmr wira.png

12. Logo Paskibraka

Biasanya di tiap-tiap sekolah mempunyai logo paskibra masing-masing sebagai identitas. Tetapi, inilah logo yang digunakan secara nasional.
Unduh logo paskibra.png

Demikian logo atau lambang organisasi yang banyak digunakan di dunia pendidikan. Selain di atas, tentu masih ada lagi menyerupai organisasi profesi guru selain PGRI dan IGI. Sekian, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kumpulan Lambang / Logo Bidang Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel