✔ Mind Mapping

Model Pembelajaran Mind Mapping.  Mind mapping merupakan cara untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambilnya kembali ke luar otak. Bentuk mind mapping menyerupai peta sebuah jalan di kota yang mempunyai banyak cabang. Seperti halnya peta jalan kita sanggup membuat pandangan secara menyeluruh perihal pokok dilema dalam suatu area yang sangat luas. Dengan sebuah peta kita sanggup merencanakan sebuah rute yang tercepat dan sempurna dan mengetahui kemana kita akan pergi dan dimana kita berada. (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=702661)
Mind mapping sanggup disebut sebuah peta rute yang dipakai ingatan, membuat kita sanggup menyusun fakta dan fikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja otak kita yang alami akan dilibatkan semenjak awal sehingga mengingat informasi akan lebih gampang dan sanggup diandalkan daripada memakai teknik mencatat biasa.

Konsep Mind Mapping asal mulanya diperkenalkan oleh Tony Buzan tahun 1970-an. Teknik ini dikenal juga dengan nama Radiant Thinking. Sebuah mind map mempunyai sebuah inspirasi atau kata sentral, dan ada 5 hingga 10 inspirasi lain yang keluar dari inspirasi sentral tersebut. Mind Mapping sangat efektif jikalau dipakai untuk memunculkan inspirasi terpendam yang kita miliki dan membuat asosiasi di antara inspirasi tersebut. Mind Mapping juga berkhasiat untuk mengorganisasikan informasi yang dimiliki. Bentuk diagramnya yang menyerupai diagram pohon dan percabangannya memudahkan untuk mereferensikan satu informasi kepada informasi yang lain.(http://escaeva.com)

Mind mapping merupakan tehnik penyusunan catatan demi membantu siswa memakai seluruh potensi otak semoga optimum. Caranya, menggabungkan kerja otak cuilan kiri dan kanan. Dengan metode mind mapping siswa sanggup meningkatkan daya ingat hingga 78%.

Beberapa manfaat mempunyai mind map antara lain :
a. Merencana
b. Berkomunikasi
c. Menjadi Kreatif
d. Menghemat Waktu
e. Menyelesaikan Masalah
f. Memusatkan Perhatian
g. Menyusun dan Menjelaskan Fikiran-fikiran
h. Mengingat dengan lebih baik
i. Belajar Lebih Cepat dan Efisien
j. Melihat gambar keseluruhan

Ada beberapa kelebihan ketika memakai teknik mind mapping ini, yaitu :
a. Cara ini cepat
b. Teknik sanggup dipakai untuk mengorganisasikan ide-ide yang muncul dikepala anda
c. Proses mengganbar diagram sanggup memunculkan ide-ide yang lain.
d. Diagram yang sudah terbentuk sanggup menjadi panduan untuk menulis.
( http://www.escaeva.com/tips-menulis/tips-fiksi/menulis-dengan-diagram-balon.html)

Perbedaan:  Catatan Biasa dan Mind Map
Catatan Biasa
Mind Map
Catatan Biasa
Catatan Biasa : Peta Pikiran
Hanya berupa tulisan-tulisan saja serupa tulisan
Symbol dan gambar
Hanya dalam satu warna
Berwarna-warni
Untuk mereview ulang dibutuhkan waktu yang lama
Untuk mereview ulang dibutuhkan waktu yang pendek
Waktu yang dibutuhkan untuk mencar ilmu lebih lama
Waktu yang dibutuhkan untuk mencar ilmu lebih cepat dan efektif
Statis
Membuat individu menjadi kreatif
(Sumber Iwan Sugiarto, 2004 : 76).

Dari uraian tersebut, peta pikiran (mind mapping) yaitu satu teknik mencatat yang menyebarkan gaya mencar ilmu visual. Peta pikiran memadukan dan menyebarkan potensi kerja otak yang terdapat di dalam diri seseorang. Dengan adanya keterlibatan kedua belahan otak maka kan memudahkan seserorang untuk mengatur dan mengingat segala bentuk informasi, baik secara tertulis maupun secara verbal. Adanya kombinasi warna, simbol, bentuk dan sebagainya memudahkan otak dalam menyerap informasi yang diterima.Peta pikiran yang dibuat oleh siswa sanggup bervariasi setiap hari. Hal ini disebabkan lantaran berbedanya emosi dan perasaan yang terdapat dalam diri siswa setiap harinya. Suasana menyenangkan yang diperoleh siswa ketika berada di ruang kelas pada ketika proses mencar ilmu akan mempengaruhi penciptaan peta pikiran. Tugas guru dalam proses mencar ilmu yaitu membuat suasana yang sanggup mendukung kondisi mencar ilmu siswa terutama dalam proses pembuatan mind mapping.(Sugiarto,Iwan. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir.)

Cara membuat mind mapping, terlebih dahulu siapkan selembar kertas kosong yang diatur dalam posisi landscape lalu tempatan topik yang akan dibahas di tengah-tengah halaman kertas dengan posisi horizontal. Usahakan memakai gambar, simbol atau isyarat pada mind mapping yang dibuat. Dengan visualisasi kerja otak kiri yang bersifat rasional, numerik dan verbal bersinergi dengan kerja otak kanan yang bersifat imajinatif, emosi, kreativitas dan seni. Dengan ensinergikan potensi otak kiri dan kanan, siswa sanggup dengan lebih gampang menangkap dan menguasai bahan pelajaran.

Selain itu, siswa sanggup memakai kata-kata kunci sebagai asosiasi terhadap suatu inspirasi pada setiap cabang pemikiran berupa sebuah kata tunggal serta bukan kalimat. Setiap garis-garis cabang saling bekerjasama hingga ke pusat gambar dan diusahakan garis-garis yang dibuat tidak lurus semoga tidak membosankan. Garis-garis cabang sebaiknya dibuat semakin tipis begitu bergerak menjauh dari gambar utama untuk menerangkan hirarki atau tingkat kepentingan dari masing-masing garis.

Pustaka :
Ngalimun, 2012.  Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin. Scripta Cendekia.
Berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "✔ Mind Mapping"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel