✔ Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps)

Strategi think pair share (TPS) atau berpikir berpasangan menyebarkan ialah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi contoh interaksi siswa.

Strategi think pair share ini berkembang dari penelitian berguru kooperatif dan waktu tunggu.
Pertama kali dikembangkan oleh Frang Lyman dan Koleganya di universitas Maryland sesuai yang dikutip Arends (1997),menyatakan bahwa think pair share merupakan suatu cara yang efektif untuk menciptakan variasi suasana contoh diskusi kelas. Dengan perkiraan bahwa semua resitasi atau diskusi membutuhkan pengaturan untuk mengendalikan kelas secara keseluruhan, dan mekanisme yang dipakai dalam think pair share sanggup memberi siswa lebih banyak waktu berpikir, untuk merespon dan saling membantu. Guru memperkirakan hanya melengkapi penyajian singkat atau siswa membaca tugas, atau situasi yang menjadi tanda tanya . Sekarang guru menginginkan siswa mempertimbangkan lebih banyak apa yang telah dijelaskan dan dialami .Guru menentukan memakai think-pair-share untuk membandingkan tanya jawab kelompok keseluruhan.

Guru memakai langkah-langkah (fase) berikut:
  • Langkah 1 : Berpikir ( thinking ) : Guru mengajukan suatu pertanyaan atau dilema yang dikaitkan dengan pelajaran, dan meminta siswa memakai waktu beberapa menit untuk berpikir sendiri tanggapan atau masalah
  • Langkah 2 : Berpasangan ( pairing ) : Selanjutnya guru meminta siswa untuk berpasangan dan mendiskusikan apa yang telah mereka peroleh. Interaksi selama waktu yang disediakan sanggup menyatukan tanggapan bila suatu pertanyaan yang diajukan menyatukan gagasan apabila suatu dilema khusus yang diidentifikasi. Secara normal guru memberi waktu tidak lebih dari 4 atau 5 menit untuk berpasangan.
  • Langkah 3 : Berbagi ( sharing ) : Pada langkah akhir, guru meminta pasangan-pasangan untuk menyebarkan dengan keseluruhan kelas yang telah mereka bicarakan. Hal ini efektif untuk berkeliling ruangan dari pasangan ke pasangan dan melanjutkan hingga sekitar sebagian pasangan menerima kesempatan untuk melaporkan. Arends, (1997) disadur Tjokrodihardjo, (2003).
Pustaka :
  • Ngalimun, 2012.  Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Scripta Cendekia.
  • Ngalimun, dkk. 2015.  Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  • Berbagai sumber online.

Belum ada Komentar untuk "✔ Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel