✔ Pengertian Proses Pembelajaran
Pengertian Proses Pembelajaran - . Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh pengawas sekolah/madrasah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2002 dalam dimensi Supervisi Akademis ialah kemampuan untuk membimbing guru dalam melakukan aktivitas pembelajaran/bimbingan (di kelas, laboratorium, dan atau lapangan) untuk tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.
Untuk mencapai kompetensi di atas, dalam materi bimbing ini dibahas wacana hal-hal yang berkaitan dengan konsep dasar proses pembelajaran dan pelak-sanaannya baik di dalam kelas, di laboratorium serta di lapangan.
Sebelum kita bahas pengertian pembelajaran, terlebih dahulu kita bahas konsep wacana mengajar. Mengapa demikian? Sebab proses pembelajaran intinya tidak sanggup dipisahkan dari proses mengajar. Secara umum ada dua konsep mengajar, yakni mengajar sebagai proses memberikan materi pelajaran dan mengajar sebagai proses mengatur lingkungan. Kedua konsep tersebut mempunyai konsekuaensi yang berbeda terhadap pelaksanaan proses pembelajaran.
Artikel Lainnya:
Dalam kehidupan yang kita jalani, kita niscaya pernah mengalami sebuah aktivitas yang kita sebut dengan belajar. Ya berguru merupakan sebuah aktivitas penting yang dilakukan oleh seorang individu untuk sanggup mengenali dan mengetahui lebih lanjut wacana sebuah hal yang mempunyai kegunaan bagi hidup dan kehidupannya. Membicarakan wacana berguru maka hal ini dilakukan oleh setiap orang mulai dari mereka masih kecil hingga meninggal dunia. Mengapa? ini alasannya ialah aktivitas berguru tersebut merupakan sebuah kebutuhan yang dimiliki oleh setiap orang semoga sanggup mengikuti keadaan dengan baik pada lingkungan yang terus mengalami perkembangan dan perubahan ibarat pada kurun modern yang dinamis ketika ini.
Ketika kita membicarakan lebih lanjut wacana aktivitas berguru tersebut mungkin akan banyak di antara kita yang mengaitkannya dengan aktivitas pembelajaran yang ada di sekolah. Nah alasannya ialah itulah maka pada perjumpaan kita kali ini saya sengaja menyajikan kepada anda wacana sebuah bahasan yang cukup menarik mengenai proses pembelajaran. Simak
ulasan selengkapnya di bawah ini.
Proses pembelajaran sanggup kita artikan sebagai sebuah aktivitas di mana terjadi penyampaian materi pembelajaran dari seorang tenaga pendidik kepada para penerima didik yang dimilikinya. Karenanya aktivitas pembelajaran ini sangat bergantung pada komponen-komponen yang ada di dalamnya. Dari sekian banyak komponen tersebut maka yang paling utama ialah adanya penerima didik, tenaga pendidik, media pembelajaran, materi pembelajaran serta adanya rencana pembelajaran.
Keberadaan komponen tersebut dalam sebuah proses pembelajaran merupakan sebuah hal yang teramat penting alasannya ialah komponen tersebut sangat bergantung satu sama lain. Misalkan saja wacana adanya tenaga pendidik yang berkualitas. Tenaga pendidik yang berkualitas dan sanggup menjalankan fungsinya secara aktif dan kondisional merupakan sebuah hal yang cukup kuat dalam sebuah aktivitas pembelajaran. Tenaga pendidik tersebut berperan dalam mewujudkan sebuah situasi pembelajaran yang baik bagi para penerima didiknya, memakai rencana pembelajaran yang baik dan sesuai sehingga jalannya proses pembelajaran yang diterima oleh para penerima didik sanggup dikontrol, serta bisa memakai dan memaksimalkan adanya media pembelajaran guna meningkatkan pemahaman para penerima didik terkait dengan materi pelajaran yang disampaikannya. Jika hal tersebut dipahami sebagai sebuah kebutuhan dalam proses pembelajaran maka akan mengakibatkan sebuah aktivitas pembelajaran yang lebih berkualitas.
Untuk mencapai kompetensi di atas, dalam materi bimbing ini dibahas wacana hal-hal yang berkaitan dengan konsep dasar proses pembelajaran dan pelak-sanaannya baik di dalam kelas, di laboratorium serta di lapangan.
Sebelum kita bahas pengertian pembelajaran, terlebih dahulu kita bahas konsep wacana mengajar. Mengapa demikian? Sebab proses pembelajaran intinya tidak sanggup dipisahkan dari proses mengajar. Secara umum ada dua konsep mengajar, yakni mengajar sebagai proses memberikan materi pelajaran dan mengajar sebagai proses mengatur lingkungan. Kedua konsep tersebut mempunyai konsekuaensi yang berbeda terhadap pelaksanaan proses pembelajaran.
Artikel Lainnya:
Dalam kehidupan yang kita jalani, kita niscaya pernah mengalami sebuah aktivitas yang kita sebut dengan belajar. Ya berguru merupakan sebuah aktivitas penting yang dilakukan oleh seorang individu untuk sanggup mengenali dan mengetahui lebih lanjut wacana sebuah hal yang mempunyai kegunaan bagi hidup dan kehidupannya. Membicarakan wacana berguru maka hal ini dilakukan oleh setiap orang mulai dari mereka masih kecil hingga meninggal dunia. Mengapa? ini alasannya ialah aktivitas berguru tersebut merupakan sebuah kebutuhan yang dimiliki oleh setiap orang semoga sanggup mengikuti keadaan dengan baik pada lingkungan yang terus mengalami perkembangan dan perubahan ibarat pada kurun modern yang dinamis ketika ini.
Ketika kita membicarakan lebih lanjut wacana aktivitas berguru tersebut mungkin akan banyak di antara kita yang mengaitkannya dengan aktivitas pembelajaran yang ada di sekolah. Nah alasannya ialah itulah maka pada perjumpaan kita kali ini saya sengaja menyajikan kepada anda wacana sebuah bahasan yang cukup menarik mengenai proses pembelajaran. Simak
ulasan selengkapnya di bawah ini.
Proses pembelajaran sanggup kita artikan sebagai sebuah aktivitas di mana terjadi penyampaian materi pembelajaran dari seorang tenaga pendidik kepada para penerima didik yang dimilikinya. Karenanya aktivitas pembelajaran ini sangat bergantung pada komponen-komponen yang ada di dalamnya. Dari sekian banyak komponen tersebut maka yang paling utama ialah adanya penerima didik, tenaga pendidik, media pembelajaran, materi pembelajaran serta adanya rencana pembelajaran.
Keberadaan komponen tersebut dalam sebuah proses pembelajaran merupakan sebuah hal yang teramat penting alasannya ialah komponen tersebut sangat bergantung satu sama lain. Misalkan saja wacana adanya tenaga pendidik yang berkualitas. Tenaga pendidik yang berkualitas dan sanggup menjalankan fungsinya secara aktif dan kondisional merupakan sebuah hal yang cukup kuat dalam sebuah aktivitas pembelajaran. Tenaga pendidik tersebut berperan dalam mewujudkan sebuah situasi pembelajaran yang baik bagi para penerima didiknya, memakai rencana pembelajaran yang baik dan sesuai sehingga jalannya proses pembelajaran yang diterima oleh para penerima didik sanggup dikontrol, serta bisa memakai dan memaksimalkan adanya media pembelajaran guna meningkatkan pemahaman para penerima didik terkait dengan materi pelajaran yang disampaikannya. Jika hal tersebut dipahami sebagai sebuah kebutuhan dalam proses pembelajaran maka akan mengakibatkan sebuah aktivitas pembelajaran yang lebih berkualitas.
Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Proses Pembelajaran"
Posting Komentar