✔ Quetzal Burung Keramat Suku Indian

 Burung Quetzal yaitu burung indah yang hidup di bab selatan Meksiko dan Amerika Tenga ✔ Quetzal Burung Keramat Suku Indian
Quetzal Burung Keramat Suku Indian - .  Burung Quetzal yaitu burung indah yang hidup di bab selatan Meksiko dan Amerika Tengah.  Yang jantan besarnya hampir sama dengan merpati.  Bulu ekornya panjang ibarat daun paku, berwarna hijau keemas-emasan. Panjangnya hingga 61 cm.  Pada yang jantan bulu ekor itu tumbuh tiap tahun.  Burung quetzal betina warnanya lebih gelap dan ekornya lebih pendek.  Burung quetzal hidup di hutan-hutan hujan pada ketinggian di atas 1.219 m.  Mereka makan buah-buahan yang dipetiknya sambil terbang.  Burung quetzal yaitu lambang negara Guatemala.  Gambar-gambarnya menghiasi hasil kerajinan rakyat, perangko, dan mata uang.  Orang-orang Maya, Aztek, dan suku-suku Indian lain menganggap sebagai burung keramat.
Orang-orang Indian mengumpulkan bulu burung quetzal sehabis burung itu menggugurkannya.  Hanya keturunan darah biru yang boleh mengenakan jambul bulu burung quetzal.  Selama ratusan tahun para ilmuan menganggap burung quetzal hanya terdapat dalam dongeng.  Pada zaman modern burung quetzal untuk pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah pada tahun 1937.

Nama "quetzal" pada burung ini berasal dari Bahasa Nahuatl - salah satu bahasa orisinil Amerika Tengah - "quetzalli" yang mempunyai makna "bulu ekor berwarna cerah". Nama yang tidak lain merujuk pada bulu ekornya yang panjang dan berwarna mencolok.

 Burung Quetzal yaitu burung indah yang hidup di bab selatan Meksiko dan Amerika Tenga ✔ Quetzal Burung Keramat Suku Indian
Ada 6 spesies burung quetzal yang diketahui oleh insan di mana 5 spesiesnya berasal dari genus Pharomachrus, sementara 1 spesies sisanya yaitu anggota genus Euptilotis. Spesies-spesies tersebut antara lain quetzal gemerlapan (Pharomachrus mocinno), quetzal berjambul (P. antisianus), quetzal berkepala emas (P. auriceps), quetzal berujung putih (P. fulgidus), quetzal pavonin (P. pavoninus), dan quetzal bertelinga (Euptilotis neoxenus).

Makanan utama dari quetzal yaitu buah-buahan, khususnya buah alpukat liar. Namun bila buah-buahan sedang langka, quetzal juga mau memakan hewan-hewan kecil ibarat serangga, kadal, dan katak. Sebagai bab dari alam liar, quetzal juga mempunyai musuh. Musuh atau predator utama dari quetzal yaitu burung-burung besar ibarat elang ornat dan burung hantu. Sementara dikala masih kecil, quetzal rentan diserang oleh musang, burung jay coklat, dan tupai.

Musim kawin dari quetzal berlangsung antara bulan Februari hingga Juli. Saat animo kawin tiba, quetzal jantan akan memikat betina dengan cara mengeluarkan suara-suara keras, bernyanyi, dan; menari. Jika betina tertarik, keduanya kemudian kawin di dalam cekungan pohon dan membangun sarang bersama-sama. Betina kemudian mengeluarkan 1 - 2 butir telur dan melaksanakan pengeraman secara bergantian dengan pejantan. Waktu pengeraman yang dibutuhkan oleh telur tersebut hingga menetas yaitu sekitar 18 hari.

Jika telur sudah menetas, baik jantan maupun betina kembali melaksanakan perawatan secara bersama-sama. Hingga usia 10 hari, anak quetzal hanya diberi makan serangga. Saat anak quetzal terus tumbuh, makanan-makanan lain ibarat buah dan hewan-hewan vertebrata kecil akan mulai diberikan. Perawatan dilakukan hingga usia 1 bulan, usia di burung quezal muda sudah sanggup terbang.

Sumber:
[1] Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-5 Hal. 47.
[2] https://plasmajihan.blogspot.com/search?q=aztek-dan-sejarah-mexico-city diakses tanggal 38/09/2014
[3] http://en.wikipedia.org/wiki/Quetzal

Belum ada Komentar untuk "✔ Quetzal Burung Keramat Suku Indian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel